ADVERTISEMENT

Depot Gas Raksasa Eropa Terancam Terus Kosong

Selasa, 31 Mei 2022 18:00 WIB

Share
Gazprom
Gazprom

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AUSTRIA, POSKOTA.CO.ID - Depot gas raksasa bawah tanah Haidach di wilayah Austria sudah beberapa lama kosong,

Kemungkinan sampai musim dingin berikutnya tidak akan terisi penuh kembali karena konflik Jerman - Rusia terkait perusahaan Gazprom.

"Depot gas Haidach yang terletak di Austria tersambung ke jaringan gas Jerman dan melalui depot itu gas Rusia disalurkan,” tulis Bloomberg pekan lalu.

Lanjutnya,”Fasilitas ini merupakan salah satu fasilitas penyimpanan gas terbesar di Eropa dan mampu memasok seperempat kebutuhan gas tahunan Austria tetapi sejak lama depot gas ini kosong."

Sebagian fasilitas depot gas ini dikelola perusahaan Gazprom Germania yang merupakan anak perusahaan Gazprom Rusia.

Rusia memutus pasokan gas ke perusahaan itu usai Jerman menghentikan aktivitas perusahaan ini.

Bagian lain dari depot gas ini digunakan oleh anak perusahaan Gazprom GSA. Tetapi sudah kosong sejak beberapa bulan lalu menurut Deutsche Welle.

Depot gas Haidach secara strategis sangat penting bagi Jerman dan Austria karena Berlin menyimpan cadangan gasnya di sana. Sebagian cadangan gas ini digunakan di dua wilayah Austria.

Kanselir Jerman dalam pembicaraannya dengan Presiden Rusia Jumat lalu mengatakan jika Gazprom tidak memenuhi depot gas ini maka Jerman akan kehilangan fasilitas penyimpanan cadangan gasnya. Fasilitas ini akan diserahkan ke pemasok lain. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT