Tega! Pasangan Sejoli Bunuh Seorang Perempuan di Bogor karena Ditagih Hutang, Ini Tanggapan Krimonolog

Jumat, 27 Mei 2022 23:44 WIB

Share
Tega! Pasangan Sejoli Bunuh Seorang Perempuan di Bogor karena Ditagih Hutang, Ini Tanggapan Krimonolog
Kriminolog UI, Josias Simon. (foto: diolah dari google)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pakar Kriminolog dari Universitas Indonesia, Josias Simon merespon terkait kasus pembunuhan yang dilakukan pasangan sejoli di Kemang Bogor, Jawa Barat.

Menurut Josias, pelaku melakukan hal tersebut karena terdesak kebutuhan ekonomi yang menyebabkan terjadinya cekcok diantara pasangan tersebut.

"Pelaku sejoli terdesak kebutuhan ekonomi sehingga menagih hutang pada korban yang memang tak punya uang sebanyak utangnya," kata Josias saat dihubungi Poskota, Jumat (27/5/2022).

Diketahui, pasangan sejoli berinisial AM (26) dan TO (21) telah menjadi tersangka pembunuhan terhadap seorang perempuan bernama Zaenab (51).

Setelah dibunuh, Zaenab dibuang ke saluran irigasi di salah satu kebun di kawasan Kemang Bogor.

Kemudian, lanjut Josias, kedua sejoli tersebut sempat mengalami cekcok diantara keduanya karena sang korban kemungkinan tidak bisa membayar hutang sesuai yang dipinjamnya.

"Kemungkinan terjadi pertikaian yang memicu emosional membuat kedua sejoli memaksa korban dengan menjerat kabel charger yang tersedia didekatnya," ucap Josias.

"Motif bisa selain ekonomi yaitu pribadi atau pinjam meminjam yang tak sesuai kesepakatan," sambungnya.

Saat ditanyai perihal ada unsur gangguan jiwa kah pada kedua pelaku tersebut. Josias mengatakan diduga ada gangguan jiwa namun tetap harus dibuktikan secara pasti.

"Bisa saja karena harus terpenuhi jadi tidak rasional," tutup Josias.

Diberitakan sebelumnya, Warga Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor digegerkan dengan penemuan jasad perempuan di dalam sebuah saluran irigasi di area perumahan Villa Gading Royal Kampung Kandang, Desa Tegal, Sabtu (21/5/2022)

Jasad Perempuan yang sudah tidak bernyawa itu pertama kali ditemukan oleh warga sekitar saat hendak mancing di aliran irigasi atau selokan tidak jauh dari lokasi penemuan mayat tersebut.

“Saya awalnya mau mancing dengan membawa kucing peliharaan saya. Namun tiba tiba saat di area tersebut, kucing saya berlari ke arah lokasi, saya kejar teryata ada mayat. awalnya saya nggak tahu itu perempuan atau bukan, soalnya saat ditemukan posisi jasadnya telungkup,” kata Robi warga sekitar kepada wartawan. (cr07)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar