Warga Komplek Emerald Garden Bintaro Jaya Resah Lingkungan Kediamannya Kerap 'Disambangi' Babinsa: Kami Kirim Surat Permohonan Klarifikasi Resmi ke Koramil 07 Pondok Aren

Kamis, 26 Mei 2022 16:10 WIB

Share
Komplek Emerald Garden, Bintaro Jaya. (ist)
Komplek Emerald Garden, Bintaro Jaya. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Resah lingkungan kediamannya kerap disambangi oleh oknum anggota Babinsa, seorang warga yang berprofesi sebagai advokat mengirimkan surat resmi ke Komandan Komando Rayon Militer 07/Pondok Aren. 

Kepada wartawan, warga Bintaro dan pengacara bernama Henri Kusuma mengatakan dirinya telah mengirim surat resmi ke Kapten (Kav) Jatman, Komandan Koramil 07.

Dalam surat Permohonan Klarifikasi resmi ke Koramil 07, Henri, yang tinggal di komplek Emerald Garden, Bintaro Jaya itu mengajukan klarifikasi yang ia anggap sebagai hak konstitusi untuk bertanya kepada pejabat publik.

Pada surat yang dikirimkan ke Koramil 07 tersebut, ia memaparkan kronologi bahwa menurut pengamatannya pada periode Februari sampai dengan Maret 2022, Cluster Emerald Garden selalu dikunjungi oleh Babinsa Koramil 07/Pondok Aren.

"Orang berpakaian sipil berbadan tegap yang selalu rajin teratur setiap pukul 09.00 WIB sudah standby di pos Security Emerald Garden Bintaro jaya," tulisnya dalam surat ke Koramil tersebut.

"Saya sudah mengonfirmasi kepada security bahwa yang selalu standby sebagaimana poin diatas adalah anggota dari koramil 07/Pondok Aren dalam menjalankan tugas rutin," kata Henri.

Namun, ia menangkap kejanggalan karena dirinya telah melakukan kroscek ke cluster lain yang ada di Emerald District, apakah ada anggota Babinsa yang melakukan pembinaan di periode diatas sebagaimana dilakukan di Emerald Garden.

Menurut Henri, berdasarkan berbagai keterangan yang ia himpun jawabannya adalah 'tidak ada'.

"Bahwa warga Cluster Emerald Garden tidak ada Pejabat Negara yang memerlukan pengawalan khusus, Adapun perwira tinggi TNI, saya sudah konfirmasi, beliau enggan untuk dikawal," tuturnya.

Menurut Henri, berdasarkan peraturan Kepala Staf TNI Angkatan Darat No 19/IV/2008 tugas pokok Babinsa TNI AD adalah melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk Komandan Komando Rayon Militer, yang meliputi mengumpulkan dan memelihara data aspek geografi dan demografi pedesaan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
1 Komentar