ADVERTISEMENT

Bertemu Petinggi International Energy Agency, Menko Airlangga Ingin Transisi Energi Secara Adil dan Terjangkau, serta Berdampak Positif

Kamis, 26 Mei 2022 13:36 WIB

Share
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto (Foto: ekon.go.id)
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto (Foto: ekon.go.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SWISS, POSKOTA.CO.ID - Dalam pertemuan dengan Executive Director International Energy Agency Dr. Fatih Birol di Davos, Swiss, Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartanto mengungkapkan pandangannya mengenai transisi energi.

Menko Airlangga, menggarisbawahi pentingnya just and affordable transition dalam transisi energi ke energi baru dan terbarukan (EBT).

Adapun yang dimaksud Menko Airlangga yakni model transisi energi yang adil dan terjangkau, serta turut berdampak positif dalam aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup, serta menjamin lapangan kerja terbuka.

 

Dilansir dari halaman Kemenko Perekonomian pada Kamis (26/5/2022), Indonesia merupakan episentrum bagi energi baru dan terbarukan serta memiliki potensi industri hijau masa depan.

Oleh karena itu, Pemerintah senantiasa mendorong kolaborasi antar berbagai pemangku kepentingan, termasuk negara, organisasi internasional, bank pembangunan multilateral, dan individu dalam transisi energi.

Sebagai penghasil nikel, logam tanah jarang, CPO dan komoditas lainnya, Indonesia merupakan salah satu tempat yang cocok untuk berinvestasi. Khususnya di industri kendaraan listrik, industri militer, komponen energi baru dan terbarukan, industri elektronik, dan industri ekosistem hijau lainnya.

Dalam pertemuan Dr. Fatih Birol di Davos, Swiss, pada Selasa (24/05), Menko Airlangga menyampaikan bahwa Indonesia menempatkan transisi energi sebagai salah satu fokus utama di G20 dengan pilar aksesibilitas, teknologi, dan pembiayaan energi.

 

Hal ini juga membuka peluang kolaborasi dengan International Energy Agency, terutama dalam menghadirkan solusi mitigasi kerentanan pasar energi yang saat ini sedang terjadi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT