Nonton Megawati dan Jokowi Gelar Latih Tanding Ganjar dan Puan

Rabu, 25 Mei 2022 06:28 WIB

Share

OJO kesusu. Waduh, lha terus piye? Kata ojo kesusu itu jadi berkumandang ketika diucapkan Preiden Jokowi di hadapan pendukung die hard-nya, Projo, Pro Jokowi, di Magelang, Sabtu lalu.

Konteksnya, soal kemana dukungan Projo diarahkan ke depannya, terkait Pilpres 2024.

Tetapi bukan hanya kata ojo kesusu, jangan tergesa-gesa, yang membuat gemanya lebih luas. Ada kata-kata yang mengikuti, yakni: Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, kata Jokowi.

Kontan saja, pemerhati politik memberi tafsiran, yang dimaksud adalah Ganjar Pranowo, sebab dia hadir di situ, dan tak ada tokoh lain yang disebut-sebut akan maju nyapres, meski di sana hadir  ada Wantimpres Sidarto, KSP Moeldoko, Ganjar Pranowo, Jokowi.

Tapi tafsiran juga mbalik ke polemik yang sempat kendur, yakni soal tiga periode. Kata-kata Jokowi, bahwa meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, itu patut diwaspadai. Jokowi jelas di situ, kata-kata itu ditunjukkan pada dirinya sendiri pula. Bagitu tafsiran lain.

Tapi, tafsiran dukungan ke Ganjar ini yang menimbulkan tafsiran lebih lanjut, katanya pengamat: Perang Terbuka Jokowi – Megawati.

Jokowi ngelus-elus Ganjar Pranowo untuk calon presiden, sebagai suksesornya. Megawati sudah jelas sang putri kesayangan yang didorong maju ke Pilpres 2024. Panjang lebar uraian pengamat.

Tapi, benarkah perang terbuka itu? Bagi sebagian rakyat yang melihat kiprah Jokowi, dia tampil sebagai King Maker. Melulu urusan politik.

Kehadirannya di Magelang lebih untuk urusan politik. Bukan untuk urusan rakyat yang kini menjerit lagi, karena habis lebaran harga-harga tidak turun.

Jokowi memang hadir ke pasar di Muntilan, mengecek harga-harga tentunya, dikerubungi massa. Ya iyalah, namanya juga Presiden, rakyat ingin mendekat dan mengagumi, lazim.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar