Lima Sapi Asal Wonogiri Ditemukan Suspect PMK oleh Satgas Pemkab Tangerang

Rabu, 25 Mei 2022 17:07 WIB

Share
Ilustrasi. Sapi potong.
Ilustrasi. Sapi potong.

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Satgas reaksi cepat pencegahan dan pengendalian penyakit telah menemukan lima sapi yang suspect Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Lima sapi tersebut diketahui berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah dan baru saja tiba di Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan  Masyarakat Veteriner pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat, Hustri Windayani mengatakan, saat ini pihaknya tengah menangani temuan kasus tersebut.

"Saat ini sudah kami tangani dengan memeriksa dan mengambil sejumlah sample," katanya, Rabu (25/5).

Saat ini, kelima sapi tersebut sudah mendapat penanganan lebih lanjut oleh petugas kesehatan setempat dengan dilakukan pengambilan sejumlah sample dan pemberian obat serta vitamin untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri yang bersarang di tubuh hewan tersebut.

"Untuk sample kita periksa di laboratorium Balai Veteriner Subang. Lalu untuk hewannya sendiri sudah dilakukan pengobatan,".

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya penularan PMK  terhadap hewan lain, pihaknya melakukan penutupan sementara terhadap lokasi peternakan hewan itu.

"Jadi sekarang ini tidak boleh keluar sebarang dulu bagi hewan-hewan di ternak ini. Maka kita lakukan pemantauan secara rutin," pungkasnya. (Veronica Prasetio)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar