Jokowi ke Wapres Zambia Minta Agar Kerja Sama di Binga Ekonomi, Khususnya Minyak dan Kertas Dapat Ditingkatkan

Rabu, 25 Mei 2022 23:18 WIB

Share
Presiden Joko Widodo saat bertemu Wapres Zambia, W.K. Mutale Nalumango di Bali. (biro pers)
Presiden Joko Widodo saat bertemu Wapres Zambia, W.K. Mutale Nalumango di Bali. (biro pers)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo menerima Wakil Presiden Zambia, W.K. Mutale Nalumango di tengah menghadiri acara pembukaan The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Rabu (25/5/2022).

Dalam pertemuan tersebut, dibahas upaya penguatan kerja sama di bidang ekonomi antara Indonesia dengan Zambia.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengungkapkan, bahwa Presiden Jokowi berharap ke depan ekspor Indonesia termasuk crude oil palm (CPO) atau minyak sawit mentah, kertas, dan pakaian jadi terutama, dapat terus ditingkatkan ke Zambia.

 

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan informasi mengenai adanya beberapa BUMN Indonesia yang saat ini sedang menjajaki kerja sama di Zambia. 

"Di bidang perkeretaapian misalnya, PT INKA sedang menjajaki penyediaan lokomotif dalam proyek Zambia Railway dari Victoria Falls menuju Kota Chingola.l," terang Menlu usai mendampingi Jokowi dalam pertemuan dengan Wapres Zambia.

"Selain itu, ada BUMN Indonesia yang juga sedang menjajaki kerja sama dalam konteks perluasan dan modernisasi terminal Bandara Internasional Lusaka," imbuhnya.

Di sektor energi baru terbarukan, Presiden Jokowi menyampaikan adanya rencana pembuatan joint venture antara perusahaan BUMN Indonesia dalam pembangunan dan pengelolaan pembangkit listrik tenaga surya di Zambia.

"Bapak Presiden juga menyampaikan keinginan perusahaan-perusahaan farmasi Indonesia untuk berkontribusi dalam memperkuat sektor kesehatan di Zambia, terutama atau khususnya dalam upaya memenuhi vaksin yang diperlukan di Zambia," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Zambia menyampaikan apresiasinya terhadap Indonesia di dalam pengelolaan kebencanaan. Untuk diketahui, apresiasi serupa juga sebelumnya disampaikan oleh sejumlah pihak antara lain Presiden Majelis Umum PBB dan Deputi Sekretaris Jenderal PBB.

Halaman
Reporter: Agus Johara
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar