ADVERTISEMENT

Harpitnas di Mei 2022, Satlantas Polres Bogor Terapkan Gage untuk Lima Hari ke Depan

Rabu, 25 Mei 2022 23:43 WIB

Share
Penerapan Gage di Jalur Puncak. (panca)
Penerapan Gage di Jalur Puncak. (panca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Lima hari ke depan, jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, akan diterapkan rekayasa Ganjil-genap (Gage), Rabu (25/5/2022).

"Untuk pengaturan pemeriksaan gage memang sesuai dengan permenhub nomor 84 tahun 2021, penerapan gage dilaksanakan satu hari menjelang hari libur nasional dan satu hari menjelang akhir pekan," ungkap Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor, Ipda Ardian Noviantasari, kepada Poskota di Pos Pol Simpang Gadog, Kabupaten Bogor.

Berdasarkan permenhub tersebut, kata Ardian, pihaknya pun melaksanakan rekayasa gage pada hari Rabu hingga Minggu (29/5/2022) mendatang.

"Saat ini di hari rabu mengingat besok adalah hari libur nasional sehingga kita sejak pukul 14.00 WIB siang tadi kita menerapkan gage dan untuk malam kita pun akan tetap melaksanakan gage," katanya.

Ardian mengatakan, saat ini pihaknya akan memutar balikan kendaraan dengan nomor polisi (nopol) genap.

"Untuk hari ini, sesuai dengan tanggal 25, itu berarti kendaraan bernomor ganjil yang diizinkan melintas di jalur Puncak, sedangkan yang genap kita putar arahkan kembali, jadi untuk sanksinya saat ini belum ditentukan, sanksi untuk gage di jalur Puncak hanya di putar balik saja," tuturnya.

Hingga pukul 18.00 WIB tadi, setidaknya sudah ada 20 kendaraan yang sudah diputar balikan oleh pihak Lantas Polres Bogor.

"Untuk penerapan di hari libur nasional, rekayasa lalu-lintas itu situasional, dilihat dari arus kendaraan yang melintas di jalur Puncak, nanti akan kita lihat presentase kenaikannya," papar Ardian.

Satlantas Polres Bogor pun terus memantau beberapa titik kemacetan di jalur Puncak seperti si Pasir Muncang, Megamendung dan pasar Cisarua.

"Jika memang dibutuhkan adanya rekayasa oneway ke puncak maka akan kita laksanakan. Kita tidak melepas rekayasa lalu-lintas gage, jika memang perlu kita laksanakan (oneway)," sambung Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor ini.

Menurut pantauannya, saat ini kendaraan yang menuju puncak tidak terlalu meningkat, hal ini dikarenakan masyarakat masih beraktivitas dan bekerja secara normal.

"Sehingga yang nampak di jalur Puncak hanya aktivitas masyarakat sehari-hari saja, tadi dilihat dari CCTV, antrian di beberapa titik kemacetan tidak terlalu panjang, yang ke arah Jakarta lebih banyak daripada yang naik ke puncak," tambahnya.

Mengingat pada Rabu ini adalah satu hari menjelang libur nasional, pihak Satlantas Polres Bogor akan melakukan gage mulai 25 Mei hingga 29 Mei mendatang.

"Mengingat hari ini adalah satu hari menjelang libur nasional dan hari kamis nanti adalah pelaksanaan libur nasional, kemudian di hari jumat pelaksanaan satu hari sebelum weekend, mulai hari ini hingga minggu tetap dilaksanakan penerapan gage, intinya ini berkesinambungan, karena ini satu hari menjelang libur nasional dan jumat nanti satu hari menjelang akhir pekan," pungkasnya. (panca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT