ADVERTISEMENT

Soal Capres, Ojo Grusa-grusu, Ojo Melu-melu

Senin, 23 Mei 2022 07:00 WIB

Share
Kopi Pagi Harmoko
Kopi Pagi Harmoko

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Parpolmelaluikadernyadiakarrumputhendaknyamampumenyerapcaprespilihanrakyat.Pemimpinsepertiapayangdibutuhkansekarangdanmasamendatang

-Harmoko-

GENDERANG koalisi sudah ditabuh menyongsong pilpres yang kurang dari dua tahun lagi. Partai Golkar, PAN dan PPP mulai membangun kekuatan dengan membentuk Koalisi Indonesia Bersatu untuk mengusung pasangan capres – cawapres pada pilpres 2024 mendatang.

Dengan perolehan kursi Golkar di DPR sebanyak 85, PAN 44 dan PPP 19, maka totalnya menjadi 148 kursi, yang berarti lolos ambang batas pencalonan pasangan capres – cawapres sebanyak 115 sebagaimana diatur dalam Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Apakah ini terlalu dini? Jawabnya tentu akan beragam sesuai dengan sudut pandang. Tetapi, ini adalah momen menampilkan diri untuk melakukan manuver politik di tengah masih adanya ketidakpastian. Termasuk kesadaran diri dari para elite politik parpol tersebut koalisi bukanlah harga mati. Situasi masih dapat berubah.

Koalisi adalah sebuah penjajakan untuk mencari kecocokan. Bagaikan “pacaran” sedang berupaya saling melengkapi guna membangun kekuatan dan kebersamaan sebelum sampai pelaminan. Boleh jadi akan terus langgeng, dan bahkan bertambah gerbong.

Saya meyakini mencari kecocokan juga sedang dilakukan oleh parpol lain, baik secara terselubung maupun terang - terangan. Safari politik para pimpinan parpol, bagian dari upaya mencari kecocokan. Menimbang untung ruginya, seberapa besar peluangnya untuk memenangkan persaingan, tak hanya di ajang pilpres, juga pileg dan pilkada serentak.

Meski bursa calon presiden sudah bermunculan, tetapi belum satupun parpol yang mendeklarasikan dengan mengusung sebuah nama pilihan yang hendak dimajukan. Radar memang sudah diarahkan, tetapi tetap saja belum final karena sebagian besar parpol tidak bisa jalan sendiri mengusung capresnya, kecuali PDI- Perjuangan yang hingga kini, juga masih melihat situasi.

Baru – baru ini sinyal dukungan telah telah diperlihatkan oleh Jokowi kepada kader PDIP, yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ketika menghadiri pertemuan Rakernas Pro Jokowi (Projo) di Balai Perekonomian Desa (Balkondes) Ngagopondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).

Meski tidak menyebut nama secara langsung, tetapi isyarat tertangkap jelas. Tetapi lagi – lagi, ini belum final, masih lempar balon, test the water, strategi andalan beliau, seperti halnya dukungan 3 periode oleh para kepala

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT