ADVERTISEMENT

Mengenal Kanker Usus Besar, Sempat Menyerang Eks Jubir Covid-19 Achmad Yurianto

Minggu, 22 Mei 2022 17:31 WIB

Share
Eks Juru Bicara Covid-19 Achmad Yurianto. (Foto: Ist)
Eks Juru Bicara Covid-19 Achmad Yurianto. (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pertama, memperbanyak asupan nabati. Dengan mengkonsumsi makanan nabati yang mencakup buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker lainnya.

Kedua, mengurangi konsumsi daging merah hingga daging olahan. Penelitian telah menemukan bahwa dengan mengurangi daging merah hingga daging olahan seperti steak, daging giling, daging makan siang, dan hot dog dapat mengurangi resiko kanker usus besar.

Ketiga, mengurangi atau mengindari konsumsi alkohol. Pedoman baru American Cancer Society merekomendasikan untuk membatasi konsumsi alkohol.

 

Untuk wanita, disarankan tidak mengkonsumsi alkohol lebih dari satu gelas per hari. Kemudian untuk pria tidak lebih dari dua gelas per hari.

Keempat, menghindari rokok. Perokok berada pada risiko 50 persen lebih tinggi terkena kanker usus besar daripada mereka yang tidak pernah merokok. Dengan begitu, salah satu cara untuk mengurangi risiko kanker usus besar adalah dengan mencoba berhenti.

Kelima, menjaga berat badan. Mengelola berat badan Anda adalah cara lain untuk mengurangi risiko kanker usus besar.

Menurut National Cancer Institute, orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas sekitar 30 persen lebih mungkin terkena kanker usus besar daripada mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut. Selain itu, indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus besar dan rektum, terutama pada pria.

Keenam, lakukan aktivitas fisik setiap hari. Olahraga teratur dapat membantu Anda mengatur berat badan dan mengurangi risiko kanker usus besar. Dan itu bukan satu-satunya manfaat.

Olahraga juga dapat meningkatkan semangat Anda, meningkatkan kesehatan mental Anda, dan bahkan membantu Anda tidur lebih nyenyak. (*)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT