Catat! Ini Panduan Tata Laksana Perawatan hingga Obat Hepatitis Akut Misterius pada Anak

Minggu, 15 Mei 2022 09:50 WIB

Share
Ilustrasi kasus aktif hepatitis akut. (ilustrator: poskota/suroso imam utomo)
Ilustrasi kasus aktif hepatitis akut. (ilustrator: poskota/suroso imam utomo)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dunia kembali digegerkan dengan adanya hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak hingga menyebabkan kematian di berbagai negara.

Untuk diketahui, hepatitis merupakan penyakit peradangan pada bagian hati.

Usai dilaporkan pertama kali di Inggris Raya pada 5 April 2022 lalu, penyakit ini terus menyebar, mulai dari Eropa, Amerika hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Lebih lanjut, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun telah mengeluarkan panduan dalam tata laksana bagi perawatan pasien yang terinfeksi, lho.

Dalam panduan tersebut, terdapat dua mekanisme penanganan, yakni tata laksana hepatitis akut berat dan gagal hati akut (hepatitis fulminan).

Kategori pasien hepatitis akut berat terdiri dari mereka yang kesaarannya menurun maupun tidak, namun nilai International Normalized Ratio (INR) tidak lebih dari dua.

Sementara, pasien dalam hepatitis fulminan mempunyai nilai INR melebihi (>) dua.

Sebagai informasi, INR merupakan rasio normal berstandar internasional rekomendasi World Health Organization (WHO), yang kerap digunakan sebagai parameter protombin serta pedoman terapi antikoagulan.

Selengkapnya, ini dia detail tata laksana perawatan bagi pasien hepatitis akut misterius untuk anak Indonesia, yuk simak!

Tata Laksana Perawatan Hepatitis Akut Berat

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar