Irak Minta Bantuan Dunia Tangani Ratusan Keluarga ISIS

Sabtu, 14 Mei 2022 10:00 WIB

Share
ISIS

IRAK, POSKOTA.CO.ID - Irak meminta sejumlah negara mengambil warganya masing-masing yang menjadi anggota ISIS di negara tersebut dan Suriah.

Pernyataan ini datang dari Menteri Luar Negeri Irak Fouad Hussein.

Dia mengungkapkan adanya 500 keluarga anggota ISIS di kamp Al Hul Suriah yang berada dekat Irak.

Dia menekankan pentingnya menyelesaikan situasi kemanusiaan di kamp Al Hul di Suriah dan mencegah ISIS menyusup dan menyebarkan ideologi terorisnya ke berbagai negara dunia.

Dia meminta negara-negara anggota koalisi membantu merelokasi keluarga ISIS di kamp Al Hul dan merencanakan rehabilitasi mereka.

"Sekitar 500 keluarga Irak kembali dari Al Hul ke kamp Al Jada di Provinsi Nineveh. Kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak," ujar Fouad Hussein ketika pertemuan Koalisi Dunia Melawan ISIS di Maroko pada Rabu (11/5/2022) seperti dikutip dari Mawazin News.

Dia juga meminta negara-negara untuk mematuhi komitmen internasional mereka dalam resolusi internasional tentang kontraterorisme dan pendanaannya.

Di samping itu bekerja lebih keras untuk mengontrol perbatasan dari keberadaan elemen teroris, operasi keuangan yang dicurigai, dan perdagangan ilegal dengan ISIS dan kelompok teroris lainnya, penguatan metode dan alat untuk memantau kelompok teroris.

Kamp Al Hul terletak 15 kilometer dari perbatasan Suriah-Irak. ***

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler