ADVERTISEMENT

Afrika Kini Jadi Sasaran Utama ISIS

Sabtu, 14 Mei 2022 09:30 WIB

Share
Ilustrasi teroris. (Karikaturis: Poskota/Suroso Imam Utomo)
Ilustrasi teroris. (Karikaturis: Poskota/Suroso Imam Utomo)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

MAROKO, POSKOTA.CO.ID - Benua Afrika kini menjadi sasaran utama kelompok ISIS.

Peringatan ini datang dari Amerika Serikat dan anggota koalisi dunia yang bertemu di Maroko untuk membahas kampanye melawan kelompok ISIS.

Pertemuan ini sebagai pengingat atas ancaman yang terus-menerus dari kelompok ekstremis ISIS di tengah perhatian yang sedang tertuju pada perang Rusia di Ukraina.

Wakil Menteri Urusan Politik AS Victoria Nuland menjadi Ketua bersama Menteri Luar Negeri Maroko, Nasser Bourita dalam pertemuan para pejabat senior blok yang beranggotakan 83 negara itu. Blok itu telah aktif menangani hal ini selama delapan tahun.

“Anggota koalisi ini harus melakukan lebih banyak pekerjaan. Kami perlu mempertahankan fokus kami pada upaya kestabilan di Irak dan Suriah untuk mengatasi hal mendasar yang memungkinkan ISIS merekrut dan mengeksploitasi,” kata Victoria Nuland pada Rabu (11/5/2022) seperti dikutip dari Associated Press.

Dia melanjutkan,”Tahun ini kami berupaya mengumpulkan $ 700 juta untuk kegiatan stabilisasi penting di komunitas yang dibebaskan dari kendali ISIS di Irak dan Suriah. Dana itu masing-masing $350 juta untuk Irak dan Suriah.”

Sementara Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita mengatakan,“Dari hasil penjajakan bersama kami tentang timbulnya ancaman teroris yang berbahaya di Afrika, memicu adanya pendekatan penting yang didukung koalisi itu ke benua Afrika.”

“Pendekatan itu mencakup Grup Fokus Afrika yang dipimpin bersama oleh Amerika, Italia, Niger, dan Maroko. Utusan negara-negara itu bertemu di Marrakech kemarin,” tambahnya.

ISIS pada puncak kekuasaannya menguasai lebih dari 40 ribu mil persegi atau 103.600 kilometer persegi yang membentang dari Suriah ke Irak dan memerintah lebih dari 8 juta orang. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT