ADVERTISEMENT

Wajib Tahu, Ini Gejala dan Cara Mencegah Penularan Hepatitis Akut Anak dari Kemenkes

Rabu, 11 Mei 2022 18:01 WIB

Share
Hepatitis Akut Misterius. (Foto/Freepik)
Hepatitis Akut Misterius. (Foto/Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Belum selesai kasus Covid-19, dunia kini dihantui oleh momok penyakit yang menakutkan.

Penyakit itu adalah hepatitis akut yang menyerang anak-anak.

Wabah ini telah masuk ke Indonesia setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit misterius ini.

Melansir dari laman Kemkes.go.idKementerian Kesehatan sampai saat ini masih melakukan investigasi, melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit.

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan mengkategorikan hepatitis misterius ini sebagai kejadian Luar Biar Biasa (KLB), penyakit tersebut sudah menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia.

WHO menjelaskan, rentang usia pasien yang diidentifikasi mengalami hepatitis akut misterius tersebut, sejauh ini ditemukan di antara bayi berusia satu bulan hingga remaja berusia 16 tahun.

Informasi dari Kementerian Kesehatan menyebut, WHO pertama kali menerima laporan pada 5 April 2022 dari Inggris Raya mengenai kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology) pada anak usia 11 bulan hingga 5 tahun pada periode Januari hingga Maret 2022 di Skotlandia Tengah.

Meski belum diketahui pasti penyebab penyakit Hepatitis Akut pada anak, dr. Hanifah Oswari, spesialis anak, menyebutkan dugaan awal disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dan lainnya.

Hanifah menyarankan agar orang tua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT