ADVERTISEMENT

Apa Itu Kulit Kombinasi dan Bagaimana Cara Merawatnya? Ayo, Simak Ulasannya Berikut Ini!

Selasa, 10 Mei 2022 09:33 WIB

Share
Ilustrasi memakai skincare.
Ilustrasi memakai skincare.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kulit kombinasi merupakan kondisi dimana kulit dapat kering saat cuaca dingin dan berminyak saat cuaca panas.

Memiliki kulit wajah yang kombinasi untuk tampil menawan dan percaya diri bukanlah suatu penghalang. Kamu bisa saja mencoba beberapa cara untuk merawat kulit kombinasi dengan dirumah saja agar kulit kamu tetap sehat dan bebas masalah. 

Munculnya garis halus disertai jerawat, komedo dan berpori besar sering dialami oleh pemilik kulit kombinasi.

Untuk mengatasi hal tersebut tentunya tidak hanya dengan mencuci muka saja, tetapi perlu diimbangi dengan pemakaian skincare yang tepat agar hasil efektif, maksimal dan tidak menyebabkan iritasi atau jerawat.

Sangat penting untuk kamu mengetahui apa saja ciri-ciri kulit kombinasi guna untuk mengambil langkah melakukan perawatan. Pori-pori besar disertai berminyak ( T-zone ) tetapi kering disekitar pipi dan bawah kantung mata itu adalah ciri-ciri kulit kombinasi.

Cara Merawat Kulit Kombinasi

1. Bersihkan wajah secara rutin

Agar tetap bersih dan sehat, kulit wajah perlu dicuci 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Khusus untuk kulit kombinasi, pilihlah sabun pencuci wajah dengan formula yang ringan serta tidak mengandung parfum, minyak, dan bahan kimia terlalu keras, seperti asam salisilat, alkohol, atau benzoil peroksida.

Kamu bisa memilih sabun wajah dengan bahan lembut yang dapat menenangkan kulit tanpa membuatnya lebih kering, lembab atau berjerawat. Bahan dasar pembersih wajah yang disarankan untuk kulit kombinasi adalah vitamin E, minyak kernel aprikot, minyak alpukat, asam laktat dan teh hijau.

2. Gunakan toner wajah

Setelah membersihkan wajah pada pagi dan malam hari, jangan pernah melupakan untuk mengaplikasikan toner wajah. Toner bermanfaat untuk menghilangkan minyak berlebih sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi.

Untuk meminimalisir jerawat, formula toner yang disarankan untuk jenis kulit kombinasi adalah toner yang berbasis bebas alkohol, berbahan dasar ekstrak bahan alami dan kandungan asam yang ringan seperti hialuronat dan asam laktat.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT