ADVERTISEMENT

Waduh! Kapolri Ungkap Masih Ada Jutaan Kedaraan Pemudik Bakal Masuk Jakarta Saat Arus Balik Lebaran

Sabtu, 7 Mei 2022 07:27 WIB

Share
Kendaraan Pemudik saat antri masuk kapal di Pelabuhan Merak. (ist)
Kendaraan Pemudik saat antri masuk kapal di Pelabuhan Merak. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Arus balik Lebaran 2022 mulai menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, saat ini sekitar 549.000 kendaraan pemudik telah mulai melintas ke wilayah Jakarta.

Namun, Jenderal polisi berbintang 4 itu menyebut, jumlah tersebut masih sepertiga dari jumlah total keseluruhan pemudik yang akan pulang ke Jakarta.

"Data yang ada sampai saat ini kurang lebih ada 549.000 kendaraan yang melintas ke Jakarta. Jadi masih ada 1,7 juta kendaraan yang akan mendatangi Jakarta melalui Jalan Tol, dan kurang lebih 480.833 lainnya melalui jalur arteri," kata Kapolri kepada wartawan di Posko Terpadu KM 3+500, Jum'at (6/5/2022) malam.

Mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu menuturkan, terkait dengan penerapan one way untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas, sejak pukul 14.00 WIB siang tadi telah diberlakukan oleh pihaknya mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga ke KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta.

 

"Proses perjalanan one way dari pukul 14.00 WIB, kita lihat kepala one way (kendaraan pertama) sudah masuk di KM 70 sekitar 3-4 jam yang lalu," ujar dia.

Sementara denga rekayasa lalin contraflow, lanjut Listyo, di KM 47 sampai KM 28 Tol Japek juga telah diberlakukan sejak siang hari tadi.

"Kita lihat seluruh perjalanan lancar dan kenapa dari pukul 14.00 WIB dilaksanakan one way, karena dari parameter dan indikator yang ada angka kepadatan sudah mulai meningkat di atas 3.700. Bahkan, selang 2 jam di atas 5.000, maka one way dilakukan," ucapnya.

"Dan tadi malam sudah dilaksanakan juga kegiatan one way mulai dari GT Palimanan sampai Cikampek dan terus dilanjutkan," sambung Kapolri.
Listyo menambahkan, apabila nanti ditemui ada kepadatan arus lalu lintas saat penerapan one way, maka pihaknya akan melanjutkan penerapan one way hingga ke KM 3+500 atau GT Halim.

"Kita terus mengikuti perkembangan arus yang ada. Kalau dalam perkembangan kepadatan mau diurai, maka akan kami tarik ekor one way di GT Semanggi," paparnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT