ADVERTISEMENT

Tinjau Pengamanan Arus Balik di KM 3+500 Tol Japek, Kapolri: Perjalanan One way Lancar

Sabtu, 7 Mei 2022 08:42 WIB

Share
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat apel Operasi Ketupat Jaya 2022 menghadapi mudik Lebaran.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat apel Operasi Ketupat Jaya 2022 menghadapi mudik Lebaran.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Kendati terjadi peningkatan volume kendaraan di hari pertama puncak arus balik ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, bahwa penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) one way hari ini berjalan lancar.

"Kita lihat seluruh perjalanan lancar dan kenapa dari pukul 14.00 WIB dilaksanakan one way, karena dari parameter dan indikator yang ada angka kepadatan sudah mulai meningkat di atas 3.700. Bahkan, selang 2 jam di atas 5.000, maka one way dilakukan," kata Kapolri saat meninjau penerapan arus balik di Posko Terpadu KM 3+500 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Jum'at (6/5/2022).

Mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu menuturkan, terkait dengan penerapan one way untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas, sejak pukul 14.00 WIB siang tadi telah diberlakukan oleh pihaknya mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga ke KM 47 Tol Japek arah Jakarta.

"Proses perjalanan one way dari pukul 14.00 WIB, kita lihat kepala one way (kendaraan pertama) sudah masuk di KM 70 sekitar 3-4 jam yang lalu," ujar dia.

Sementara dengan rekayasa lalin contraflow, lanjut Listyo, di KM 47 sampai KM 28 Tol Japek juga telah diberlakukan sejak siang hari tadi.

"Dan tadi malam sudah dilaksanakan juga kegiatan one way mulai dari GT Palimanan sampai Cikampek dan terus dilanjutkan," sambung Listyo.

Lebih lanjut, Mantan Kapolda Banten itu menyebut, saat ini sekitar 549.000 kendaraan pemudik telah mulai melintas ke wilayah Jakarta. Namun, Jenderal polisi berbintang 4 itu mengatakan, jumlah tersebut masih sepertiga dari jumlah total keseluruhan pemudik yang akan pulang ke Jakarta.

"Data yang ada sampai saat ini kurang lebih ada 549.000 kendaraan yang melintas ke Jakarta. Jadi masih ada 1,7 juta kendaraan yang akan mendatangi Jakarta melalui Jalan Tol, dan kurang lebih 480.833 lainnya melalui jalur arteri," papar Listyo.

Listyo menambahkan, apabila nanti ditemui ada kepadatan arus lalu lintas saat penerapan one way, maka pihaknya akan melanjutkan penerapan one way hingga ke KM 3+500 atau GT Halim.

"Kita terus mengikuti perkembangan arus yang ada. Kalau dalam perkembangan kepadatan mau diurai, maka akan kami tarik ekor one way di GT Semanggi," terang eks Kabareskrim Polri itu.

Dia juga mengatakan, untuk memaksimalkan penerapan one way di arus balik ini, Kepolisian juga telah menyiapkan rute alternatif bagi masyarakat yang akan menuju ke Bandung atau Jawa Tengah. Hal itu, jelas dia, dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi risiko kepadatan dan crossing.

"Jadi peningkatan arus terus terjadi. Seluruh anggota akan bersiap di lapangan dan lakukan evaluasi sehingga proses arus balik dapat berjalan aman dan lancar," jelasnya.

"Kami akan berikan pelayanan maksimal dalam pelayanan arus balik ini," tukas Kapolri. (Adam).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT