Nih, Pastikan Mudik Aman dan Nyaman, Jangan Cuek dengan Kondisi Rem Mobil, Bahaya!

Minggu, 1 Mei 2022 20:01 WIB

Share
Nih, Pastikan Mudik Aman dan Nyaman, Jangan Cuek dengan Kondisi Rem Mobil, Bahaya!
Memastikan kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik

JAKARTA.POSKOTA.CO.ID - Masyarakat Indonesia masih dalam suasana mudik Lebaran 2022. Penting Memastikan kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik. 

Bagi para pemudik, menjadi hal yang sangat wajib untuk melakukan pengecekan kesiapan kendaraan yang akan membawa Anda ke kampung halaman. 

Bukan hanya mesin, komponen penting seperti rem juga tak boleh dilupakan. Bahkan wajib hukumnya memastikan kelayakan sebelum menempuh perjalanan mudik.

Masih banyak pemilik mobil yang menyepelekan perawatan rem. Padahal dari segi fungsi sangat penting guna mengendalikan laju kendaraan, terutama saat melakukan perjalanan jauh dan berkendara di jalan tol.

Kejadian rem blong disebabkan hilangnya daya cengkram brake pad imbas komponen tersebut dan brake disc yang overheat.

Dampaknya, bisa membuat tekanan hidrolik hilang imbas brake fluid yang ikut mendidih. Kondisi tersebut terjadi karena pengguna mobil jarang memperhatikan ataupun melakukan perawatan rem mobil. 

Spesialis mobil matik dari Worner Matic, Hermas E. Prabowo mengatakan bahwa perlu ada pengecekan berkala pada rem mobil.

Adapun pengecekan tersebut meliputi ketebalan kampas, memastikan tidak adanya kebocoran tekanan, dan juga pengecekan oli pada rem. 

Selain itu, dilansir dari situs blog Auto2000, pengecekan minyak rem juga penting dilakukan.

 

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar