Pengamat Tata Kota: Instalasi Listrik Model Spanyol Rawan Korsleting yang Jadi Penyebab Kebakaran di Jakarta
Sabtu, 30 April 2022 14:25 WIB
Share
Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna.

"Jadi ada pemasangan yang tidak tepat, ada yang alatnya tidak sesuai standar, dan ada yang listriknya kelebihan beban. Itu akarnya," tutur dia.

Yayat mengatakan, hal lain yang tak kalah penting dari audit di rumah pribadi, ialah memastikan fasilitas-fasilitas pendukung ada di lokasi dan terpasang dengan baik pula.

"Yang tak kalah penting, kalau kita belajar dari kasus kebakaran Pasar Gembrong kemarin, perlu ada gang kebakaran. Maksudnya perlu ada fasilitas-fasilitas yang mendukung kerja pemadam kebakaran," paparnya.

"Misalnya akses jalan, atau akses sumber air itu harus ada. Jadi pemadam kebakaran tak akan disulitkan ketika berupaya memadamkan kobaran api apabila di lokasi kebakaran terdapat fasilitas-fasilitas pendukung. Saya kira seperti itu ya," tukas dia.

Untuk diketahui, Poskota.co.id mencatat ada sebanyak 4 peristiwa kebakaran yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini.

Pertama, peristiwa kebakaran terjadi di Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat pada Minggu (24/4/2022) pagi.

Diketahui, peristiwa tersebut menghanguskan puluhan rumah warga dan satu rumah toko (ruko) onderdil mobil di lokasi tersebut. Kebakaran tersebut diduga terjadi karena disebabkan oleh korsleting arus listrik.

Kedua, kebakaran terjadi di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Cipinang Besar Utara, tepatnya di Pasar Gembrong Jatinegara pada Minggu (24/4/2022) malam hari. Akibatnya, sebanyak 400 bangunan yang terdiri dari rumah semi permanen dan ruko di lokasi tersebut pun ludes dilalap Si Jago Merah.

Lebih lanjut, kebakaran yang diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik itu, menyebabkan 1.500 orang terpaksa harus tinggal di tenda pengungsian.

Teranyar, Jum'at (29/4/2022), dua peristiwa kebakaran juga terjadi di wilayah Jakarta. Di Jalan Taman Margasatwa Raya, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dari peristiwa tersebut, satu rumah tinggal berlantai 3 ludes diamuk kobaran api.

Halaman
1 2 3