Pengamat Tata Kota: Instalasi Listrik Model Spanyol Rawan Korsleting yang Jadi Penyebab Kebakaran di Jakarta

Sabtu, 30 April 2022 14:25 WIB

Share
Pengamat Tata Kota: Instalasi Listrik Model Spanyol Rawan Korsleting yang Jadi Penyebab Kebakaran di Jakarta
Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, sejumlah peristiwa kebakaran terjadi di beberapa wilayah Jakarta. Instalasi listrik model spanyol dianggap sebagai salah satu penyebab kebakaran di Jakarta.

Berdasarkan data yang dihimpun Poskota.co.id pada beberapa hari belakangan, peristiwa kebakaran tersebut diduga terjadi lantaran disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik (korsleting).

Terkait hal tersebut, Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna mengatakan, dalam hal ini tindakan yang paling utama harus dilakukan adalah mengaudit atau dengan kata lain pemilik rumah kembali melakukan pengecekan terhadap instalasi kelistrikan di rumahnya.

"Kalau penyebab utamanya itu listrik, berarti yang harus diperhatikan pertama kali itu listriknya. Jadi yang harus diperhatikan itu instalasinya," kata Yayat.

Apakah itu instalasi yang dipasang sudah benar, standar bahan baku yang digunakan sudah sesuai standar, sistem pemasangannya tidak ada yang liar, dan sistem back up-nya sudah bagus," kata Yayat saat dihubungi Poskota.co.id pada Jum'at (29/4/2022) malam.

Listrik, papar Yayat, pada dasarnya akan langsung berhenti beroperasi (mati) ketika terjadi hubungan arus pendek, apabila instalasi dan seluruh kelengkapan alat yang digunakan sudah baik dan sesuai standar.

"Jadi kalau pemasangannya bagus, alatnya sesuai standar itu jarang terjadi kebakaran. Soalnya kalau dia korsleting itu dia langsung mati listriknya," ujar dia.

"Nah, sekarang yang jadi permasalahan itu, rata-rata perumahan yang tumpuk padat di Jakarta itu banyak membangun rumah-rumah semi permanen dari bahan yang mudah terbakar. Dan terkadang rumah-rumah itu pemasangan instalasi listriknya tidak diback up oleh sistem pendukung, misalnya NVB. NVB itu pengamanan ketika dia terjadi korslet atau kebakaran," jelas Yayat.

Dia menambahkan, kemungkinan lainnya dari penyebab terjadinya korsleting arua listrik, selain instalasi yang salah adalah adanya beban muatan listrik yang berlebihan.

"Kalau listriknya agak kelebihan beban itu juga berpotensi menyebabkan korsleting. Kan banyak tuh sekarang yang instalasi listriknya model spanyol alias separuh nyolong," kata Yayat.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar