Korlantas Polri Minta Maaf Usai Putuskan Perpanjangan One Way Tol Cikampek Hingga Tol Kalikangkung

Sabtu, 30 April 2022 05:04 WIB

Share
Kendaraan pemudik melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) malam. Usai diberlakukan sistem One Way di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 47 hingga Tol Kalikangkung KM 414 sejumlah kendaraan terpantau ramai lancar.(Poskota/Ahmad Tri Hawaari)
Kendaraan pemudik melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) malam. Usai diberlakukan sistem One Way di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 47 hingga Tol Kalikangkung KM 414 sejumlah kendaraan terpantau ramai lancar.(Poskota/Ahmad Tri Hawaari)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Polisi memutuskan untuk melakukan perpanjangan waktu penerapan One Way di Tol Cikampek hingga Tol Kalikangkung, pada H-4 Lebaran tadi malam. Perpanjangan tersebut sedianya, berakhir hingga pukul 24.00 WIB namun malam tadi harus diperpanjang hingga pagi.

Kebijakan itu dilakukan untuk mengurai kemacetan volume pemudik di jalan tol yang melintas hingga Jawa Tengah. Namun, pengendara yang mengarah ke Jakarta ataupun plat nomor tak sesuai ganjil genap terkena imbas hingga terjebak kemacetan.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi meminta maaf kepada seluruh masyarakat yang terdampak akibat perpanjangan sistem one way di Tol Cikampek.

"Karena kalau ditutup atau dibuka sesuai jadwal kemarin justru akan menambah parah di jalan tol karena bertemu. Memang ada beberapa masukan kemarin, masyarakat yang berharap jadwal itu tetap jam 12. Mereka menunggu di depan pintu tol. Nah ini yang saya sampaikan, lebih baik mendengarkan perkembangan, pastikan hari ini buka atau tidak," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi melalui keterangan tertulisnya, Jumat (29/4/2022). 

"Tapi inilah dinamika di lapangan. Saya juga secara dinas menyampaikan bahwa pesan kepada seluruh jajaran untuk mendekat ke teman-teman media, tolong sampaikan permohonan maaf kita kepada masyarakat," lanjut Firman.

Selanjutnya, Firman menyatakan, langkah tersebut harus diambil demi menghindari kepadatan kendaraan yang semakin parah. 

"Artinya langkah-langkah ini yang harus kita ambil. Kalau tidak dilakukan justru penumpukan dari Jakarta, Banten, dan sampai Cikampek akan justru mengular menjadi satu. Nah ini tugas kita sekali lagi bagaimana memastikan langkah yang kita ambil berupaya semaksimal mungkin memperkecil artinya jangan terlalu banyak yang disakiti," tutup Firman.

Sebelumnya diberitakan, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi meminta kepada seluruh masyarakat agar bersabar saat diberlakukan sistem one way dari Cikampek hingga gerbang Tol Kalikangkung.

"Sudah jalan saat ini. Kita bukan Sakitin siapa siapa. Kalau kita tidak atur ya lebih marah lagi mereka, macet dan diatur. Sekarang intinya sabar dan gantian ini menjadi kunci. Ini kan bulan Ramadhan," kata Firman. (Cr07)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar