ADVERTISEMENT

Antisipasi Kepadatan Puncak Arus Mudik di Penyeberangan Merak-Bakauheni, ASDP Dukung Penambahan Kapasitas Dermaga

Jumat, 29 April 2022 21:28 WIB

Share
Petugas ASDP sedang mengatur kendaraan yang hendak menyeberang menggunakan kapal. (ist)
Petugas ASDP sedang mengatur kendaraan yang hendak menyeberang menggunakan kapal. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BANTEN, POSKOTA.CO.ID - Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran Idulfitri 1443 H, PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersinergi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan PT Pelindo dalam pengoperasian layanan kapal penyeberangan melalui dermaga Indah Kiat Cilegon dan Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya atau Bojonegara. 

Sinergi yang dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk mengurai antrian kendaraan pada puncak arus mudik di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, skema penambahan kapasitas dermaga melalui pengoperasian dermaga Pelabuhan lain di sekitar Pelabuhan Merak, Banten diharapkan menjadi langkah solutif untuk mengantisipasi terjadinya antrian kendaraan serta menjamin keamanan dan keselamatan dan kelancaran layanan angkutan penyeberangan di periode mudik.

"ASDP bersinergi dalam langkah antisipasi yang diinisiasikan oleh Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub ini, dimana kita bisa membantu mengurai volume kendaraan yang sangat tinggi di Pelabuhan Merak melalui tambahan dermaga baik di Indah Kiat dan Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya," ujarnya. 

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, penambahan dua dermaga tersebut diharapkan akan memecah kepadatan di Pelabuhan Merak.

Untuk mendukung peningkatan kapasitas tersebut, telah disiapkan tambahan tiga kapal yaitu dua kapal roro dan satu kapal laut.  

Untuk kapal laut (Atosim) akan bersandar di dermaga Pelindo (Indah Kiat) dengan rute Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Panjang, Lampung.

Pengoperasian kapal penyeberangan di lintas Merak-Bakauheni melalui Dermaga Indah Kiat.

Selama periode angkutan lebaran Tahun 2022 (1443 H) dilakukam terhitung mulai tanggal 27 April sampai dengan 9 Mei 2022.

Sementara  pelayanan kapal dari Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya dilakukan terhitung mulai tanggal 28 April s.d 1 Mei 2022. (*/ham)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT