Waduh! ASDP Merak Tak Berdaya Hadapi Serbuan Truk di Arus Mudik, Polda Banten dan Pelindo Buka Pelabuhan Indah Kiat

Kamis, 28 April 2022 22:45 WIB

Share
Kapolda Banten, Irjen Prof Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho. (foto: ist)
Kapolda Banten, Irjen Prof Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho. (foto: ist)

CILEGON, POSKOTA.CO.ID - Jelang Idulfitri 1443 H, PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak nampaknya tidak berdaya menghadapi serbuan truk angkutan barang serta kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung.

Dari 69 kapal yang akan difungsikan untuk mengangkut kendaraan dan pemudik, PT ASDP Cabang Merak hanya mampu mengoperasikan 34 unit kapal  Bahkan ketika terjadi antrian panjang, perusahaan BUMN inipun hanya menambah 4 unit kapal. 

Namun penambahan 4 unit kapal ternyata tidak sesuai yang diharapkan untuk mengatasi antrian kendaraan. Bahkan antrian sempat kendaraan, sempat mengular di jalan tol Tangerang-Merak.

Untuk mengurai penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak, Polda Banten terus mencari solusi untuk mengatasi antrian kendaraan yang mengular di luar areal pelabuhan. 

Bersama Pelindo akhirnya membuka operasional Pelabuhan Indah Kiat Merak.

Pelabuhan ini khusus melayani kendaraan logistik untuk menyeberang ke Pulau Sumatera.

"Dibuka hari ini Pelabuhan Indah Kiat Merak, khusus untuk kendaraan logistik. Ini untuk mengurai kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera," kata Kapolda Banten, Irjen Prof Dr Rudy Heriyanto saat meninjau Pelabuhan Merak, Kamis (28/4/2022).

Dengan dibukanya Pelabuhan Indah Kiat untuk kendaraan logistik maka total dermaga menjadi 8 untuk melayani arus mudik.

Pasalnya di Pelabuhan Merak sudah ada 7 dermaga yang terdiri dari 1 dermaga eksekutif dan 6 dermaga reguler.

Kapolda menyatakan dengan dioperasikannya Pelabuhan Indah Kiat untuk melayani kendaraan logistik, tekanan arus mudik melalui Pelabuhan Merak akan berkurang.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar