Presiden Ukraina Zelensky Diundang Jokowi Hadiri KTT G20, Siap Bertemu Putin?

Kamis, 28 April 2022 07:30 WIB

Share
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden RI Joko Widodo (Foto: Instagram/Zelenskiy_Official, Setkab)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden RI Joko Widodo (Foto: Instagram/Zelenskiy_Official, Setkab)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan di Twitter pada Rabu (27/4/2022) bahwa dia telah diundang untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) negara ekonomi utama kelompok G20. Disebutkan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengundangnya.

Presiden Ukraina Zelensky diundang Jokowi hadiri KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada bulan November mendatang. Meski demikian, Rusia mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin akan hadir pula di sana.

Zelensky juga mengklaim telah berbicara langsung dengan Jokowi terkait undangan tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih atas undangan itu.

 

"Sudah bicara dengan Presiden @jokowi... Terima kasih mengundang saya ke KTT @g20org," katanya Zelensky dalam Tweetnya merujuk pada Jokowi.

Akan tetapi, Zelensky tidak mengonfirmasi apakah dia akan menerima undangan Jokowi.

Begitu juga dengan Istana Negara dan Sekretariat Kabinet juga tidak menyebut konfirmasi dari Zelensky.

Dilansir dari Reuters pada Kamis (28/4/2022), diketahui Ukraina bukan anggota G20. Tetapi, Indonesia sebagai Presidensi G20 turut mengundang sejumlah negara tamu. Menteri keuangan Ukraina menghadiri pertemuan pejabat keuangan G20 di Washington pekan lalu.

G20 mengecam invasi Rusia ke Ukraina, yang kini memasuki minggu kesembilan dantelah meningkatkan ketegangan geopolitik. Invasi juga mengirimkan gelombang kejut melalui ekonomi global, dan memicu krisis kemanusiaan.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar