ADVERTISEMENT

H-4 Lebaran, Volume Arus Kendaraan di Tol Cikampek Melonjak Signifikan

Kamis, 28 April 2022 13:10 WIB

Share
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo. (adam)
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo. (adam)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA. CO.ID - H-4 jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, volume arus kendaraan yang hendak melakukan mudik di Jalan Tol Jakarta - Cikampek arah ke timur mulai terjadi peningkatan sehingga menyebabkan kepadatan lalu lintas di ruas Jalan Tol tersebut.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, sejak Rabu (27/4/2022) malam tadi, peningkatan volume arus kendaraan telah melonjak secara signifikan dari arah Jakarta menuju ke wilayah-wilayah lain yang berada di arah timur.

"Sehingga sejak tadi malam sampai tadi pagi, terjadi kepadatan mulai dari KM 48.500 Cikampek. Tetapi, informasi terakhir setelah KM 80, kecepatan kendaraan mulai bisa meningkat di antara 40 - 60 atau 48 - 70 Km per jam yang sekarang masih arusnya padat," kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Namun kendati demikian, Sambodo masih enggan membeberkan detail ihwal jumlah kendaraan yang saat ini telah meninggalkan Jakarta dalam momentum arus mudik Lebaran tahun 2022 ini. Dia hanya mengatakan, volume arus kendaraan hingga hari kemarin (27/4/2022) naik sekitar 20 persen ketimbang di hari sebelumnya (26/4/2022).

"Terkait jumlah rinci saya belum tahu, masih harus ke posko. Nanti saya hitung, tetapi yang jelas signifikan, tanggal 27 itu naik 20 persen dibandingkan tanggal 26," ujar dia.

Dia melanjutkan, sejak pukul 08.15 WIB pagi tadi. Tol elevated juga sudah dilakukan penutupan guna mengatur lancarnya arus lalu lintas di ruas Tol Cikampek.

"Pukul 08.15 WIB tadi Tol elevated sudah kita tutup. Alhamdulillah, sampai saat ini arus yang di bawah sendiri masih bisa kencang, masij bisa 60 - 80 Km per jam," ucapnya.

"(Ditutup sampai kapa?) sampai cair (lancar) intinya. Jadi atas ini dihabisin dulu, jika sudah lancar baru kita buka kembali," sambung dia.

Lebih lanjut, kata Sambodo, Jum'at (29/4/2022) esok. Diprediksi akan menjadi puncak dari arus mudik Lebaran 2022 ini. Sebab, mulai esok hari momentum libur nasional telah mulai diberlakukan yang otomatis membuat jumlah pemudik juga akan meningkat.

"Jadi pertama kita bersyukur masyarakat mengikuti anjuran pemerinta untuk mudik lebih awal. Kemudian, terkait dengan puncak arus mudik, perkiraannya besok tanggal 29 saat dimulainya hari pertama libur nasional. Tapi dari kemarin, karena sudah banyak yang beranhkat, mudah-mudahan besok gak terlalu padat," tandas Sambodo.(Adam)

ADVERTISEMENT

Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT