Korupsi Mendarah Daging, Bupati Bogor Ade Yasin Ikuti Jejak Kakaknya Rachmat Yasin Terjaring  OTT KPK

Rabu, 27 April 2022 11:55 WIB

Share
Rachmat Yasin (kiri) dan Ade Yasin (kanan), kakak beradik yang sama-sama korupsi dan terjaring OTT KPK. Satunya mantan Bupati Bogor, satu lagi Bupati Bogor aktif (foto: Diolah dari Google)
Rachmat Yasin (kiri) dan Ade Yasin (kanan), kakak beradik yang sama-sama korupsi dan terjaring OTT KPK. Satunya mantan Bupati Bogor, satu lagi Bupati Bogor aktif (foto: Diolah dari Google)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID – Bupati Bogor Ade Yasin baru saja terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (27/4/2022).

KPK turut menyita sejumlah uang yang diduga merukan uang suap, adapun jumlahnya masih dihitung.

Meski demikian, Ade Yasin harusnya tidak asing dengan pemandangan OTT KPK sebab kakaknya, Rahmat Yasin juga pernah mengalaminya. Tampaknya Ade Yasin ikuti jejak kakaknya Rachmat Yasin terjaring OTT KPK.

 

Sama dengan adik perempuannya, Rachmat Yasin juga dulu merupakan Bupati Bogor, hanya saja sang kakak lebih enak karena dua periode.

Rachmat Yasin tertangkap dalam kasus yang juga serupa dengan Ade Yasin, yakni kasus suap. Kasus suap Rachmat yasin adalah terkait pengurusan lahan di puncak dan Sentul. KPK mengamankan miliaran rupiah dalam OTT terhadap Rachmat Yasin.

KPK lalu menetapkan Rachmat Yasin dalam dua kasus dugaan korupsi. Pertama, dia menyunat anggaran SKPD senilai Rp8,9 milliar untuk keperluannya, ini termasuk Pileg 2014 dan Pilkada 2013.

Dalam kasus kedua, Rachmat Yasin diduga menerima gratifikasi berupa 20 hektare lahan dan mobil Toyota Vellfire.

 

Mantan Bupati Bogor itu kini divonis 2 tahun 8 bulan penjara dalam kaus Gratifikasi, PN Tipikor Bandung pada April 2021. KPK telah eksekusi Rachmat Yasin di LP Kelas 1 Sukamiskin.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar