ADVERTISEMENT

Catat ya Guys! Mulai 29 April - 9 Mei, Polisi Tiadakan Kebijakan Ganjil Genap di 13 Ruas Jalan Jakarta 

Rabu, 27 April 2022 09:54 WIB

Share
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo.(Adam)
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo.(Adam)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,  POSKOTA. CO.ID -  Polda Metro Jaya memastikan untuk tidak memberlakukan kebijakan ganjil genap (gage) di 13 ruas jalan di Jakarta yang sebelumnya dijadikan lokasi penerapan gage pada masa libur Lebaran tahun 2022 ini.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, peniadaan kebijakan gage didasari pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Ganji Genap, yang menyatakan gage tidak berlaku pada hari Sabtu - Minggu dan hari libur nasional.

"Sehingga ketika ada kebijakan pemerintah terkait adanya libur bersama pada masa Lebaran 2022 yang dimulai dari tanggal 29 April - 9 Mei, maka pada tanggal itu kebijakan gage di Jakarta tidak berlaku," kata Sambodo kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).

Sambodo melanjutkan, peniadaan kebijakan gage pada masa libur Lebaran 2022, juga akan berlaku di sejumlah tempat wisata yang ada di Jakarta, mulai dari Taman Impian Jaya Ancol, hingga Pantai Indah Kapuk.

"Soal tempat wisata. Pertama, ada 6 titik tempat wisata yang kita jaga mulai dari Ancol, TMII, Ragunan, Monas, Kota Tua, PIK 2, dan tempat lainnya. Tentu perjalamam yang menuju tempat wisata tersebut saat liburan nanti kita akan putuskan tidak ada gage di tempat wisata," ujar dia.

Namun kendati demikian, jelas Sambodo, kebijakan pembatasan pengunjung akan tetap diberlakukan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan angka penularan Covid-19 usai merayakan libur Lebaran.

"Hanya persentase jumlah pengunjung yang akan dibatasi, apakah 75 atau 50 persen. Nanti kewenangan ada di Pemprov DKI. Tapi jalan menuju tempat wisata itu gak ada lagi gage," jelasnya.

"Kemudian terkait jalan yang ke Puncak nanti kita lihat apakah antreannya sampai ke Jakarta atau tidak. Atau seperti yang viral kemarin itu. Nanti yang menuju ke arah Jakarta ketika kembali dari Puncak nanti akan kita skenario terbagi dua. Sebagian lewat JORR dan sebagian lagi lewat Cawang," papar dia.

"Jadi untuk gage di Jakarta dipastikan tidak ada," tegas Sambodo.

"Terkait dengan gage di Bogor, silakan tanya ke (Polres) Bogor," tukasnya. (Adam).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT