ADVERTISEMENT

Bupati Lebak Izinkan ASN Mudik Pakai Mobil Dinas, Tapi Resiko Ditangggung Sendiri

Rabu, 27 April 2022 18:19 WIB

Share
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya (ist)
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengizinkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak untuk menggunakan mobil dinas saat mudik lebaran nanti.

ASN diperbolehkan menggunakan mobil dinas untuk mudik di dalam maupun ke luar daerah.

"Sesuai arahan ibu bupati ASN diperbolehkan menggunakan mobil dinas untuk mudik," kata Sekertaris Daerah (Sekda) Lebak Budi Santoso saat dihubungi, Rabu (27/4/2022).

Walaupun diperbolehkan, Sekda mengatakan, terdapat catatat khusus yang harus dipatuhi para ASN saat menggunakan mobil dinas.

Yakni harus hati- hati saat penggunaan mobil dinas, apabila terjadi kerusakan saat digunakan mudik perbaikanya menjadi tanggung jawab pribadi pemegang kendaraan. Kalo terjadi kerusakan resiko ditanggung sendiri.

"Mobil dinas yang dibawa untuk mudik harus dirawat dan dijaga dengan baik saat diginakan. Dan jika pun terjadi kerusakan menjadi tangungjawab pemegang kendaraan, alias resikonya ditanggung sendiri," kata Sekda.

Kebijakan penggunaan mobil dinas saat mudik itu berbeda dengan kebijakan yang diambil oleh beberapa kepala daerah lain seperti di Pandeglang yang tidak memperbolehkan ASN-nya membawa mobil dinas  ke luar kota saat lebaran nanti.

Sekda pun menerangkan, Bupati Lebak mengizinkan anakbuahnya untuk menggunakan mobol dinas karena alasan dari kemanan mobil dinas yang menjadi aset pemerintah daerah sendiri.

"Pertimbangan ibu Bupati, apabila ditinggal mudik kondisi mobil tidak terawat dan bahkan apabila disimpan dirumah rawan pencurian," katanya. "Toh kalau ada crash kan tanggung jawab pribadi," tambahnya.

Kata Sekda, ASN akan menikmati libur panjang pada 29 April hingga 8 Mei 2022. "ASN akan kembali berdinas dengan normal pada 9 Mei," pungkasnya. (Yusuf Permana)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT