ADVERTISEMENT

Kapolri Listyo Sigit Prabowo Berharap Puncak Arus Mudik Tidak Terjadi Kemacetan

Selasa, 26 April 2022 17:30 WIB

Share
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau pelayanan arus mudik di Pelabuhan Merak. (ist)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau pelayanan arus mudik di Pelabuhan Merak. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

CILEGON, POSKOTA.CO.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi masyarakat yang telah menindaklanjuti imbauan Presiden Joko Widodo untuk melakukan mudik Hari Raya Idul Fitri lebih awal sebelum prediksi puncak arus mudik pada 28-30 April 2022.

Kapolri menyampaikan saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolda Banten Irjen Prof Dr Rudy Heriyanto dan stakeholder terkait lainnya, Selasa (26/4/2022).

"Disatu sisi, kami mengapresiasi kepada masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik yang disampaikan oleh Bapak Presiden tentunya yang telah ditindaklanjuti oleh menteri-menteri terkait untuk mengimbau masyarakat agar mudik lebih awal," kata Listyo Sigit.

Kapolri menyebut, dari hasil pemantauan telah terjadi peningkatan arus mudik yang dilakukan oleh masyarakat sebelum tanggal 28-30 April 2022.

Menurut Sigit, mudik lebih awal yang diputuskan oleh masyarakat akan semakin mencegah terjadinya potensi kemacetan pada H-4 hingga H-1 lebaran. 

"Kita lihat bahwa, dari mulai kemarin dan hari ini kegiatan arus mudik sudah mulai terlihat dan tentunya ini sangat baik khususnya untuk mengurangi volume kendaraan pada puncak arus mudik," kata Sigit.

Terkait peninjauannya, Sigit menyatakan bahwa, pergerakan arus mudik lebaran biasanya terjadi malam hari.

Tahun ini terjadi pergeseran waktu mudik pada siang hari. 

"Sempat menerima laporan, Pelabuhan Merak telah masuk ke dalam situasi kuning lantaran terjadinya lonjakan penumpang, seluruh dermaga penuh. Sempat ada penyetopan sementara di jalur yang sudah dipersiapkan," ucap Jenderal bintang empat yang juga mantan Kapolda Banten.

Dalam tinjauannya di Pelabuhan Merak, Kapolri beserta Menteri terkait juga mengecek langsung kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT