Ya Ampun! 400 Bangunan di Pasar Gembrong Terbakar, Kerugian Mencapai Rp1,5 Miliar

Senin, 25 April 2022 05:32 WIB

Share
Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur. (foto: poskota/adam)
Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur. (foto: poskota/adam)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kerugian yang timbul akibat kebakaran permukiman padat penduduk di Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara tepatnya di Pasar Gembrong, Jakarta Timur mencapai Rp1,5 miliar. 

Dalam kebakaran tersebut, setidaknya sekitar 400 bangunan semi permanen yang ada di lokasi ludes dilalap si jago merah.

Kepala Seksi Operasional (Kasi Ops) Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaiman, mengatakan, luas area yang terbakar sekitar 1.200 meter persegi.

"Jadi objek yang terbakar itu ada sekitar 400 bangunan terdiri dari rumah dan pertokoan. Kemudian terkait kerugiannya, ditaksir mencapai Rp. 1,5 miliar," kata Gatot dalam keterangannya, Senin 25 April 2022.

Dia melanjutkan, peristiwa kebakaran ini melanda sebanyak 5 wilayah RT yang ada di Kelurahan Cipinang Besar Utara, yakni RT 2, 3 ,4, 5, dan 6.

"Yang terdampak itu 5 RT dalam RW 01, yakni RT 2, 3, 4, 5, dan 6," ujar dia.

Dia mengatakan, kebakaran ini diduga terjadi lantaran disebabkan oleh adanya hubungan pendek arus listrik (korsleting) di salah satu rumah warga.

"Penyebabnya diduga karena korsleting arus listrik yang berawal dari rumah Ibu Rawinah di lantai 2. Jadi sebelumnya, warga juga telah berupaya melakukan pemadaman mandiri. Namun, karena bangunan di sekitar banyak terbuat dari kayu, menyebabkan kobaran api jadi cepat membesar dan merembet ke bangunan lain di sekitarnya," tutur Gatot.

"Kemudian yang terdampak ada sekitar 450 Kepala Keluarga (KK) dengan rincian 1.000 jiwa yang terpaksa mengungsi," sambungnya.

Untuk memadamkan api, Gatot mengungkapkan, sebanyak 26 unit mobil pemadam kebakaran dengan dibantu 130 personelnya dikerahkan ke lokasi guna menjinakkan Si Jago Merah.

Halaman
Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Cahyono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar