ADVERTISEMENT

Unjuk Rasa Mahasiswa: Jokowi, Dipercaya?

Senin, 25 April 2022 07:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Unjuk rasa mahasiswa tetap digelar hari Kamis, 21 April 2022, di Jakarta dan beberapa kota lainnya. Hari itu tidak sebesar yang berlangsung di berbagai kota di Indonesia pada 11 April 2022.

Unjuk rasa 21 April, bagaimana pun tetap menarik untuk disimak. Ada yang mengatakan mengapa unjuk rasa ini tetap berlangsung ? Untuk apa ? Kan Jokowi di Bogor, Senin, 10 April 2022 udah bilang pemilihan umum 14 Frebuari 2024. Itu bisa diartikan jabatan Jokowi tidak bisa diperpanjang.

Jokowi juga sudah bilang agar para pembantunya jangan lagi berwacana untuk memperpanjangan jabatan presiden atau boleh dipilih tiga kali. Dua pegawainya atau sekretarisnya juga sudah mengatakan Jokowi taat konstitusi  di DPR Senayan. Penyeru “big data” juga sudah bilang tidak pernah berwacana presiden tiga periode dan bisa diperpanjang.

Sekali lagi saya tanya kenapa masih harus unjuk rasa? Seorang mahasiswi berjaket hijau daun di bagian selatan lapangan Monas, tidak jauh dari patung kuda Jalan Merdeka Barat, Jakarta, mengatakan :”Gue kagak percaya omongan itu, tidak percaya kabinetnya dan tidak percaya para pegawai istana,” ujar sang mahasiswi.

 

 

Ilustrasi. (arif)

Unjuk rasa hari Kamis 21 April 2022 juga tidak berhasil mendekat ke istana. Jalan menuju ke istana ditutup dengan kawat berduri dan pasukan keamanan. Siapa yang mencoba mendekat istana akan disergap pasukan keamanan.

Para pengunjuk rasa juga mengatakan tidak berhasil jumpa Jokowi. Mungkin para mahasiswa tidak tahu Jokowi sudah jarang berkantor di kompleks Istana Merdeka dan Istana Negara. Yang ada di situ sehari-hari adalah pegawai dari yang tinggi sampai yang rendah. Mereka sudah seperti pegawai museum yang disakralkan, tidak bisa disentuh mahasiswa.

Ditanya mengapa tidak percaya lagi pada kabinet saat ini, seorang mahasiswi berjaket kuning nyeletuk, “kabinet ini kan dibentuk dengan prinsip elek yo ben (jelek tidak mengapa).”

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT