ADVERTISEMENT

Begini Cerita Sulastri yang Tertinggal Rombongan Mudik Gratis PMJ di GBK

Senin, 25 April 2022 13:05 WIB

Share
Sulastri (42), salah seorang peserta mudik gratis PMJ yang tertinggal rombongan keberangkatan mudik gratis di GBK.(Ist)
Sulastri (42), salah seorang peserta mudik gratis PMJ yang tertinggal rombongan keberangkatan mudik gratis di GBK.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ada yang menarik dari digelarnya program mudik gratis yang diinisiasi oleh Polda Metro Jaya (PMJ) tahun ini.

Pasalnya, di hari perdana pemberangkatan, ada salah seorang peserta yang batal berangkat ke kampung halamannya usai tertinggal rombongan bus mudik gratis yang dilepas di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat pada Senin (25/4/2022) pagi tadi.

Adapun salah seorang peserta yang batal berangkat tersebut bernama Sulastri (42), yang mengikuti program mudik gratis PMJ tahun ini dengan destinasi tujuan ke Solo, Jawa Tengah.

"(Kenapa gagal berangkat) memang saya salah sendiri, namanya banyak orang katanya besok verifikasi dulu lama, paling berangkat jam 9 jam 10-an. Jadi dikira bakal antre, tapi ternyata gak seperti yang saya duga seperti dulu. Ternyata cepat langsung ke bus," kata Sulastri saat diwawancari wartawan di kawasan GBK, Jakarta Pusat, Senin (25/4/2022).

Lebih lanjut, Sulastri memaparkan terkait alasan mengapa dirinya bisa tertinggal dari rombongan pemudik gratis lainnya.

Dia mengatakan, bahwa prediksinya kali ini salah besar dengan menyangka pelaksanaan pemberangkatan mudik gratis tahun ini akan sama molor dengan pelaksanaan mudik gratis di tahun-tahun sebelumnya.

"Saya sudah ikut terus sudah lama mudik gratis ini. Tapi kali ini verifikasinya gampang, begitu datang langsung naik bus," ujar dia.

"Jadi kalau tahun lalu itu lambat) iya," ucap Sulastri.

"Tadi saya datang jam 06.30 WIB atau jam 07.00 WIB gitu. Saya rencananya berangkat dua orang sama anak saya, ke Solo hari ini" sambung dia.

Namun beruntung, kendati hari ini ia dan sang anak batal berangkat ke Solo lantaran tertinggal rombongan. Pihak panitia mudik gratis PMJ masih memberinya kesempatan untuk memperbarui jadwal keberangkatan menjadi esok hari.

"Rencananya saya ke Solo hadi ini tanggal 25 pagi, tapi ketinggalan. Terus katanya suruh besok aja berangkatnya. Ini tiketnya bisa diperbarui, sudah diperbarui," jelas dia.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, program mudik gratis PMJ ini digelar dengan tujuan untuk membantu masyarakat untuk dapat bisa berkumpul di kota tujuan bersama sama keluarga dengan aman dan sehat.

"Dan dengan ini, citra Polri di masyarakat semakin meningkat. Polri semakin presisi melayani masyarakat," kata Sambodo.

Dia memaparkan, hari ini pihaknya telah memberangkatkan sebanyak 540 penumpang dengan menggunakan 13 bus dengan rincian, 1 bus trayek Jawa Barat, 7 bus trayek Jawa Tengah, 2 bus trayek Yogyakarta, dan 3 bus untuk trayek Jawa Timur.

"Sementara sampai dengan data terakhir, untuk keberangkatan esok hari tercatat ada 926 penumpang. Dan pendaftaran masih kita buka sampai siang nanti," ujarnya.

"Kemudian untuk hari Jum'!t sudah terdaftar 9.791 penumpang sehingga totalnya 11.297 penumpang. Untuk pemberangkatan besok pendaftaran masih kita buka sampai siang ini, sedangkan untuk hari Jum'at pendaftaran masih kita buka sampai Jum'at siang," tambahnya.

"Nanti kita bisa siapkan untuk bus-nya, dari 11.297 penumpang tersebut, 731 penumpang jurusan Jawa Barat, 7.353 penumpang jurusan Jateng, 1.749 tujuan DIY, dan 1.824 jurusan di Jatim," tukasnya.

Sekadar informasi, Polda Metro Jaya turut membuka layanan program mudik gratis pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah untuk masyarakat.

Upaya ini berbeda pada dua tahun sebelumnya. Akibat larangan mudik karena pandemi Covid-19, Polda Metro Jaya menerapkan penyekatan.

Dalam program mudik gratis ini, Polda Metro menyiapkan 400 armada untuk masyarakat di Jabodetabek.

Adapun informasi terkait mudik gratis dengan tagline "Mudik Aman, Mudik Sehat" itu disebar melalui akun Twitter, @TMCPoldaMetro. Dengan tata cara pendaftaran dilakukan secara offline dengan lokasi di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya.
Sementara terkait dengam persyaratan, masyarakat yang akan mendaftar harus membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Masyarakat yang telah mendaftar nantinya akan diberangkatkan dengan tenggat waktu yang berbeda-beda dari Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Adapun keberangkatan peserta mudik gratis ini dijadwalkan pada Senin ini, Selasa (26/4/2022), dan Jumat (29/4/2022). (Adam).

ADVERTISEMENT

Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT