ADVERTISEMENT

Ternyata Buah Durian Banyak Manfaatnya, Salah Satunya Jaga Kadar Gula Darah

Kamis, 21 April 2022 16:21 WIB

Share
Potret durian baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak (foto: ist)
Potret durian baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID
Buah durian adalah buah yang sangat populer di Asia Tenggara, di mana ia diakui sebagai 'raja dari semua buah'. Buah besar ini memiliki kulit luar yang keras, dengan bagian luar runcing dengan warna hijau muda atau berwarna kecoklatan. 

Buah ini umumnya memiliki berat 1-3 kilogram, dengan daging dalam yang lembut serta kaya akan cita rasanya yang lezat dan sangat manis. Selain itu, dalam buah durian juga terdiri dari unsur-unsur nutrisi yang banyak memberikan manfaat bagi tubuh.

Buah durian adalah sumber yang sangat baik dari berbagai nutrisi penting dalam makanan manusia. Durian kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan alami dan vitamin B-kompleks seperti asam folat, tiamin, riboflavin, niasin dan vitamin B6. Buah ini juga mengandung sejumlah mineral yang baik seperti kalium, zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan fosfor..

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

1.Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat makanan dalam durian membantu mengurangi masalah buang air besar. Ini, pada gilirannya, membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Thiamin dalam buah dapat meningkatkan nafsu makan dan kesejahteraan umum pada orang tua. Serat dalam buah durian juga merangsang gerakan peristaltik mengurangi proses pencernaan di usus. Ini juga membantu mengobati masalah seperti kembung, perut kembung berlebih, mulas.

2.Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Organosulfur dalam durian dapat mengatur enzim inflamasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa asupan buah-buahan yang kaya serat makanan larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C) dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Buah durian adalah makanan yang ramah jantung dengan kandungan serat yang tinggi.

3.Menjaga Kadar Gula Darah

Durian dapat membantu dalam pemeliharaan kadar gula darah. Asupan durian juga meningkatkan respons insulin pada pasien dengan diabetes. Antioksidan dalam durian juga membantu mengurangi stres oksidatif, yang sebaliknya dapat memperburuk gejala diabetes. Durian adalah buah yang luar biasa, menjadi makanan sehat dengan indeks glikemik rendah (GI). Oleh karena itu, buah ini tidak akan menyebabkan naiknya gula darah.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Tatang Suherman
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT