Terminal Resmi Berbenah Bersihkan Calo, Tapi Calon Penumpang Lebih Memilih Terminal Bayangan, Ini Alasannya

Rabu, 20 April 2022 13:26 WIB

Share
Suasana terminal bus Kalideres Jakarta Barat. (Foto: Pandi)
Suasana terminal bus Kalideres Jakarta Barat. (Foto: Pandi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Banyak warga yang memilih naik bus melalui terminal tidak resmi atau yang biasa disebut dengan terminal bayangan.

Terminal bayangan tersebut diduga masih menjadi minat masyarakat untuk naik bus Antar Kota Antat Provinsi (AKAP).

Kepala Sudin Perhubungan (Kasudinhub) Jakarta Barat, Erwansyah mengatakan bus-bus yang beroperasi di terminal bayangan, masih memiliki pelanggannya tersendiri.

"Bus di terminal bayangan rata-rata juga sudah punya penumpang tetap. Mereka punya pelanggannya sendiri. Karena masyarakat itu biasanya kalau suka satu PO,  bakal naik itu terus," ujarnya dikonfirmasi Rabu (20/4/2022).

Padahal, kata Erwansyah, calon penumpang yang naik bus melalui terminal bayangan cukup merugikan.

Selain bus belum teruji kelayakan untuk beroperasi, harga tiket di terminal bayangan juga bisa naik dan turun tanpa terpantau pemerintah.

Alasan penumpang lebih memilih terminal bayangan dibandingkan terminal resmi adalah karena lokasi terminal bayangan yang dinilai lebih dekat dari rumah.

"Penumpang kan rata-rata mau yang praktis saja, cari yang dekat dari rumah. Masyarakat mau yang dekat dari rumah, makanya memilih terminal bayangan," kata Erwansyah.

Selain itu, Erwansyah juga menyoroti tingkat kepercayaan masyarakat kepada citra terminal resmi. Sebab, terminal resmi memiliki citra yang kurang baik.

"Misalkan banyak calo, fasilitas juga ada yang masih kurang bagus seperti toilet dan ruang tunggu. Meskipun saat ini sudah berbenah menjadi lebih baik, namun citra di masyatakat masih melekat," paparnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar