Demo di Pacific Century Place, 1.700 Karyawan Citibank Indonesia Tuntut Pesangon Akibat PHK

Rabu, 20 April 2022 17:44 WIB

Share
Karyawan Citibank berunjuk rasa di depan Pacific Place Mall. (foto: ist)
Karyawan Citibank berunjuk rasa di depan Pacific Place Mall. (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Karyawan Citibank NA Indonesia berunjuk rasa  di depan Pacific Century Place, Sudirman Central Business District (SCBD), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Aksi demo dilakukan menyusul banyaknya karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Karena unit bisnis consumer banking dijual, maka unit ini ditutup dan 1.700 karyawan terdampak PHK," kata Presiden Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) , Saiful Tavip di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Ia mengingatkan, pihak manajemen agar  membayar seluruh pesangon kepada pekerja. Sebab, soal pesangon pekerja telah dijamin dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) pasal 57.

"Kami juga meminta kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar tidak mudah memberikan izin sebelum perusahaan menyelesaikan hak-hak pekerja," katanya.

Menurut dia, pekerja akan melakukan langkah mediasi ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Apabila diperlukan akan mengajukan gugatan ke pengadilan hubungan industrial (PHI).

"Kami akan tunggu itikad baik perusahaan untuk menyelesaikan hak-hak pekerja. Sebelum Agustus nanti, kami pastikan proses hukum itu sudah berjalan," tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Serikat Pekerja Citibank NA Indonesia (SPCI) Zul Hinsaf mengungkapkan, masa kerja karyawan rata-rata 5 hingga 10 tahun dengan status pekerja waktu tidak tertentu (karyawan tetap).

Karena, menurut dia, pekerja dan perusahaan terikat oleh perjanjian kerja bersama (PKB). Dan terkait hal pekerja hingga pensiun sudah diatur di dalamnya.

"Kami menginginkan perusahaan melaksanakan PKB. Itu kan peraturan yang mengikat," ujarnya.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar