Catat! Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Penetapan Idulfitri 1443 H Pada 1 Mei 2022, Ini Jadwal Siarannya

Rabu, 20 April 2022 20:54 WIB

Share
Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin (Foto: Kemenag)
Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin (Foto: Kemenag)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan akan menggelar sidang isbat penetapan Idulfitri, 1 Syawal 1443 Hijriyah pada Minggu 1 Mei 2022.

Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan sidang isbat adalah untuk mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab). Sidang isbat juga menghasilkan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan hilal.

Sidang isbat penetapan Idulfitri 1443 H akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

 

 

Bersasarkan hisab, Kamaruddin mengatakan bahwa semua sistem sepakat ijtimak menjelang bulan Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022, bertepatan dengan tanggal 29 Ramadan 1443 H.

"Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat," ungkap Kamaruddin dikutip dari laman Kemenag, Rabu (20/4/2022).

Selanjutnya, ketetapan awal Syawal 1443 H akan menunggu hasil rukyatul hilal.

"Kemenag akan menggelar rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal akan dilaksanakan Kanwil Kemenag dan Kabupaten/Kota, Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar