ADVERTISEMENT

Mantap! Kementerian PUPR Pastikan Kesiapan Jalan Nasional dan Jalan Tol Jelang Mudik Lebaran 2022

Jumat, 8 April 2022 13:42 WIB

Share
Ilustrasi jalan Tol. (Foto/Instagram/edorusia)
Ilustrasi jalan Tol. (Foto/Instagram/edorusia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menjelang Mudik Lebaran Tahun 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan, jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan akan dipastikan siap digunakan dengan baik oleh pengendara Mudik Lebaran tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, berbagai upaya persiapan mudik lebaran telah dilakukan setelah Presiden Jokowi memperbolehkan mudik.

“Sekarang ini sedang dilakukan upaya-upaya dalam persiapan mudik Lebaran. Dua minggu yang lalu kami sudah mengumpulkan semua BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) setelah Bapak Presiden mengumumkan untuk memperbolehkan mudik. Semua Balai Jalan Kementerian PUPR juga sudah kami instruksikan untuk menyiapkan semua kesiapan di jalan nasional termasuk marka-marka jalan,” ujar Basuki, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (08/04/2022).

Basuki, juga mengkonfirmasi panjang Jalan Nasional Non Tol yang ada di Indonesia sepanjang 47.017 kilometer dengan kemantapan 91,8%.

Adapun yang sudah tersebar di wilayah Sumatera sepanjang 7.918 kilometer, Jawa dan Bali sepanjang 5.348 kilometer, Kalimantan sepanjang 6.56 kilometer, Sulawesi sepanjang 8.785 kilometer, serta Maluku dan Papua sepanjang 18.410 kilometer.

“Sedangkan panjang jalan tol yang operasional di Indonesia adalah 2.500 kilometer yang dikelola oleh 46 BUJT pada 66 ruas jalan tol yang tersebar di Pulau Sumatera sepanjang 691 kilometer, Pulau Jawa sepanjang 1.640,4 kilometer, Pulau Bali sepanjang 10,1 kilometer, Pulau Kalimantan sepanjang 97,3 kilometer, dan Pulau Sulawesi sepanjang 61,5 kilometer,” terangnya.

Selanjutnya, Menteri PURP, sempat menyampaikan lebih rinci bahwa untuk Jalan Tol yang berada di Pulau Jawa seperti Trans Jawa, Jabodetabek, dan Non-Trans Jawa melakukan operasional sepanjang 1.640 kilometer dengan tempat istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 96 TIP (53 TIP A, 35 B, dan 8 TIP C).

 

Viral! Curanmor Bersenpi Mainan di Bogor Digagalkan Warga

“Saat ini tengah dilakukan Pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek jalur B (KM 67 – KM 50) sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas untuk arus balik khususnya kendaraan kecil. Ini dilakukan oleh BUJT Jasa Marga, seluruhnya kami selesaikan bisa fungsional H-10,” pungkasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT