ADVERTISEMENT

Harga Komoditas Dunia Melonjak, Jokowi Minta Program Perlindungan Masyarakat Diintensifkan

Selasa, 5 April 2022 17:52 WIB

Share
Presiden Joko Widodo (Foto: twitter/Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Foto: twitter/Jokowi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan program perlindungan masyarakat diintensifkan. Hal ini guna menghadapi harga komoditas dunia melonjak akibat konflik Rusia dan Ukraina.

Situasi geopolitik dunia yang meningkat akibat invasi Rusia ke Ukraina memperburuk tekanan inflasi dan mengakibatkan lonjakan harga komoditas global. Pemerintah menyoroti kenaikan harga energi dan pangan uang berdampak pada perekonomian tanah air.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk memantau perkembangan harga komoditas global. Dia juga meminta jajarannya mengintensifkan program perlindungan masyarakat.

 

Arahan ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto dalam keterangan pers bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kedua menteri mengikuti Sidang Kabinet Paripurna (SKP) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta, Selasa (05/04/2022).

“Indonesia ada dua akibat, satu terkait dengan penerimaan ekspor tentu akan ada kenaikan tetapi juga ada transmisi (akibat) di dalam negeri yang tidak bisa seluruhnya ditransmisikan ke masyarakat. Oleh karena itu, tadi arahan Bapak Presiden bahwa perlindungan sosial perlu terus dipertebal,” ujar Menko Ekon Airlangga Hartanto, dikutip dari halaman Sekretariat Kabinet.

 

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng. BLT ini diberikan pada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Bantuan ini juga disalurkan pada 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan. Adapun skema pemberian bantuan adalah para penerima akan diberikan Rp100.000 untuk setiap bulannya selama tiga bulan. Pemberian bantuan ini akan berlangsung mulai April.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT