ADVERTISEMENT

Ramadhan 2022: Melihat Tradisi Berbuka Puasa di Seluruh Dunia

Minggu, 3 April 2022 16:37 WIB

Share
Ilustrasi buka puasa. (Foto: Al Bawaba).
Ilustrasi buka puasa. (Foto: Al Bawaba).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam yang dirayakan di seluruh dunia oleh umat Islam. Bulan ini biasanya dihidupkan dengan doa, refleksi, dan kegiatan komunitas muslim seperti tradisi berbuka puasa.

Tradisi buka puasa dirayakan di seluruh dunia dengan perayaan, kebersamaan, dan makanan mewah. Secara tradisional, puasa Ramadhan berbuka dengan kurma, air putih diikuti dengan makanan ringan. 

Namun, ada berbagai makanan yang dibuat khusus selama Ramadhan dan dikenal di seluruh dunia. Dilansir Hindustan Times, Ahad (3/4/2022), berikut beberapa tradisi buka puasa dari seluruh dunia:

1. Pakistan

Persiapan makanan berbuka puasa dimulai sekitar tiga jam sebelumnya di rumah-rumah dan di warung-warung pinggir jalan. Makanan gurih seperti jalebis, samosa, dan pakoras juga disajikan saat berbuka puasa.

Banyak restoran juga menawarkan makanan buka puasa selama waktu ini. Tepat setelah Iftar, orang-orang kemudian berduyun-duyun ke bazaar lokal untuk perayaan Chaand Raat.

2. India

Muslim India berbuka puasa dengan makanan gratis yang diselenggarakan oleh masjid. Kurma dan air biasanya jadi pembuka pertama, yang merupakan hidangan vegetarian dan non-vegetarian yang mewah.

Di Hyderabad, orang-orang berbuka puasa dengan Haleem. Di negara bagian seperti Delhi, Uttar Pradesh, Madhya Pradesh, dan Benggala Barat, buka puasa dimulai dengan kurma, buah yang baru dipotong-potong, dan jus buah. Kemudian diikuti dengan makanan yang digoreng seperti pakodas dan samosa.

3. Bangladesh

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT