ADVERTISEMENT

Hore! Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran, Terminal 1 Bandara Soetta Kembali Diaktifkan

Kamis, 31 Maret 2022 10:02 WIB

Share
Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. (foto: ist)
Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta kembali dibuka setelah sebelumnya sempat dilakukan pembatasan operasional dan penutupan sejak 2020 lalu.

Pada bulan lalu Sub Terminal 1A, sudah mulai diaktifkan untuk melayani kedatangan penumpang pesawat pada penerbangan terakhir setiap harinya (last flight arrival) sejumlah penerbangan domestik.

Mulai 1 April 2022, Sub Terminal 1A secara penuh akan melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik. 

Maskapai yang akan beroperasi di Sub Terminal 1A mulai 1 April ini adalah Airfast, kemudian diikuti dengan Super Air Jet mulai 6 April, lalu Sriwijaya Air Group mulai 12 April dan AirAsia Indonesia mulai 12 April.

“AP II memastikan seluruh bandara yang dikelola, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, untuk dapat beroperasi tangguh dan cepat beradaptasi dengan dinamisnya situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin, Kamis 31 Maret 2022.

Muhammad Awaluddin menambahkan, saat ini Bandara Soekarno-Hatta perlu melakukan penyesuaian operasional dengan pengaktifan kembali Terminal 1 untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang.

"AP II bersama stakeholder sudah siap menjalani ini mulai 1 April 2022," ungkapnya.

Sementara, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menambahkan, diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sejalan dengan tren lalu lintas penerbangan yang ada.

“Pada tujuh hari terakhir, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta konsisten di atas 100.000 orang/hari. Bahkan pernah juga menyentuh 140.000 orang/hari atau sekitar 70 persen dari pergerakan penumpang harian sebelum adanya Covid-19 yang sebanyak 200.000 orang/hari. Tren lalu lintas penerbangan yang ada ini juga menjadi latar belakang diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan,” ujar Agus Haryadi. 

Agus Haryadi menuturkan, pengaktifan kembali Terminal 1 disiapkan juga untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Cahyono
Contributor: Veronica Prasetio
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT