Apa itu Fitur DRS pada Mobil F1? Ini Dia Cara Kerja, Alasan dan Syarat Penggunaan Teknologi Canggih Terbaru Itu

Rabu, 30 Maret 2022 13:30 WIB

Share
Apa itu Fitur DRS pada Mobil F1? Ini Dia Cara Kerja, Alasan dan Syarat Penggunaan Teknologi Canggih Terbaru Itu
Fitur DRS (Drag Reduction System) pada mobil Formula 1. (Foto/Instagram/f1)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Formula 1 merupakan ajang balap jet darat yang terpopuler di dunia. Balap mobil tercepat dengan satu kokpit tersebut sudah terkenal bahkan sejak dahulu.

Selain itu, F1 juga melahirkan pembalap-pembalap legendaris dunia, sebut saja Juan Manuel Fangio, Niki Lauda, Alain Prost, Ayrton Senna, Michael Schumacher dan masih banyak lagi.

Setiap tahun, mobil F1 terus berevolusi. Tidak hanya bentuk mobil, namun hingga perangkat kecil pada mobil pun juga berevolusi.

Zaman sekarang, mobil F1 dibekali banyak teknologi terkini. Mulai dari mesin hybrid, perangkat halo, hingga kemudi yang penuh tombol elektronik.

Namun, ada satu perangkat yang menarik pada mobil F1. Jika Anda melihat mobil saat melibas trek lurus dengan sangat kencang, Anda akan melihat sayap belakang mobil F1 terbuka lebar. Itulah yang dinamakan DRS.

Apa itu DRS pada Mobil F1 dan Bagaimana Cara Kerjanya

Melansir dari Fansided, DRS merupakan singkatan dari Drag Reduction System. DRS terletak di sayap belakang mobil.

Sayap belakang setiap mobil Formula 1 memiliki flap yang dapat disesuaikan yang dapat terbuka untuk memungkinkan udara mengalir secara langsung. Membuka flap up mengurangi hambatan aerodinamis dan memungkinkan mobil untuk melaju lebih cepat saat melibas lintasan lurus.

Mengapa Mobil F1 Menggunakan DRS

Alasan pihak F1 menggunakan teknologi ini adalah agar balapan menjadi lebih menarik dengan menampilkan aksi salip-menyalip antar pembalap. Ketika mobil melaju lebih cepat, berarti pembalap memiliki kesempatan lebih besar untuk menyalip, itulah sebabnya DRS disediakan untuk mobil F1 masa kini.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar