ADVERTISEMENT

Kemenag Tetapkan 101 Tempat untuk Pantau Hilal pada Sidang Isbat, 1 April 2022

Sabtu, 26 Maret 2022 11:40 WIB

Share
Kegiatan rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadhan 1443H. (ist)
Kegiatan rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadhan 1443H. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) 1 Ramadhan 1443 H pada Jumat, 1 April 2022 petang. Kemenag telah menetapkan 101 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. 

Demikian disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib, di Jakarta, Sabtu (26/3/2022). Sidang akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementeran Agama, Jakarta.

Adib, menjelaskan bahwa Sidang Isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal. 

Secara hisab, kata Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan jatuh pada Jumat, 1 April 2022 M atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 13:24 WIB. 

"Pada hari rukyat, 29 Syakban 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," jelas Adib.

 Adib mengatakan masih menunggu hasil rukyatul (pemantauan) hilal untuk menetapkan awal Ramadhan 1443 H. "Rukyatul hilal di 101 lokasi tersebut akan dilaksanakan  Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain, di daerah setempat,” terang Adib.

Selanjutnya, menurut Adib, hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini  akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H.

Kepala Subdit Hisab Rukyat dan Syariah Ismail Fahmi menambahkan, Sidang Isbat awal Ramadhan 1443 H akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

"Hasil sidang isbat akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan juga RRI. Penyampaian hasil sidang isbat juga disiarkan secara langsung melalui media sosial Kementerian Agama,” tandasnya.

Berikut ini daftar 101 lokasi rukyatul hilal awal Ramadhan 1443 H/2022 M di antaranya, 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT