ADVERTISEMENT

Puan Maharani Resmi Tutup IPU ke-144, Dapat Standing Ovation dari Para Delegasi Parlemen Dunia

Kamis, 24 Maret 2022 23:08 WIB

Share
Puan Maharani dalam penutupan IPU. (rizal)
Puan Maharani dalam penutupan IPU. (rizal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pelaksanaan 144th Assembly of the Inter Parliamentary Union (IPU) telah digelar selama 5 hari di Bali dan hari ini resmi ditutup.

Ketua DPR, Puan Maharani sebagai President of Assembly sidang IPU ke-144 mendapat apresiasi meriah dari para anggota parlemen dunia itu.

Penutupan IPU ke-144 dilakukan setelah para anggota forum parlemen internasional tersebut melakukan sidang untuk memutuskan berbagai rekomendasi dan resolusi terhadap sejumlah agenda global.

IPU diselenggarakan sejak 20 Maret 2022 lalu.

"Selama beberapa hari ini, kita telah melakukan berbagai diskusi, dan mencari solusi atas berbagai tantangan dan permasalahan tersebut," kata Puan di penutupan IPU ke-144 di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Kamis (24/3/2022).

"Kita yang ada di ruangan ini telah berupaya menjawab tantangan tersebut, dengan mencapai kesepakatan, yang tetap mengakomodir perbedaan pandangan. Perbedaan adalah alamiah, kesepakatan merupakan perjuangan kita bersama,” imbuhnya.

Puan menekankan, IPU menjembatani perbedaan posisi antar negara di berbagai isu.

IPU menurutnya menjadi wadah untuk menunjukkan ke masyarakat internasional bahwa parlemen senantiasa mendorong kerja sama internasional dalam mempromosikan solidaritas global.

Dua resolusi yang cukup penting dalam IPU ke-144 adalah resolusi terkait perubahan iklim dan resolusi mengenai konflik Ukraina-Rusia yang merupakan emergency item.

Resolusi perubahan iklim diberi nama ‘Deklarasi Nusa Dua’ yang disesuaikan dengan lokasi penyelenggaraan IPU.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT