ADVERTISEMENT

Diplomat Yunani: Kudeta Vladimir Putin Tujuan Utama Sanksi Atas Rusia

Kamis, 24 Maret 2022 20:00 WIB

Share
Miltiadis Varvisiotis
Miltiadis Varvisiotis

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

YUNANI, POSKOTA.CO.ID - Sasaran utama dari sanksi atas Rusia dengan dalih perkembangan di Ukraina adalah untuk menggulingkan pemerintah Moskow.

Pernyataan ini disampaikan diplomat senior Yunani Miltiadis Varvitsiotis pada Selasa (22/3/2022).

Dia memuji Presiden Amerika Serikat karena telah mengkoordinasikan sikap negara-negara Barat dalam menjatuhkan sanksi atas Rusia.

Penolakan Turki untuk bergabung dalam embargo bersama ini telah melemahkan upaya internasional untuk menghukum Rusia.

"Jika kita tidak memasukan Turki ke dalam upaya sanksi bersama ini maka Rusia tidak akan merasakan tekanan hebat karena sanksi," tambahnya.

Amerika Serikat dan sejumlah negara sekutunya menjatuhkan sanksi luas terhadap Rusia karena operasi militer negara itu di Ukraina.

Di sisi lain Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengaku bahwa sanksi-sanksi ini bukan untuk menggulingkan pemerintah Rusia.

Hal ini berbeda dengan pernyataan diplomat Yunani bahwa sanksi atas Rusia ditujukan untuk menciptakan ketidakpuasan publik di negara itu.

"Tujuan dari sanksi adalah menggulingkan rezim Putin lewat kerusuhan di dalam negeri dan ini adalah ide yang kemi cetuskan. Artinya menciptakan sebuah kondisi di Rusia sehingga invasi ke Ukraina berbiaya besar dan menyebabkan ketidakamanan serta penentangan terhadap Putin," ujar Miltiadis Varvitsiotis. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT