ADVERTISEMENT

Rusia Peringatkan Barat: Eropa Rugi Besar Jika Putus Hubungan Dengan Rusia

Minggu, 20 Maret 2022 19:00 WIB

Share
Sergey Katyrin
Sergey Katyrin

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

RUSIA, POSKOTA.CO.ID - Seandainya kerja sama negara-negara Uni Eropa dan Rusia terputus maka Eropa harus menanggung kerugian lebih dari 500 miliar euro.

Pernyataan ini datang dari Ketua Kamar Dagang dan Industri Rusia (CCI) Sergey Katyrin.

"Beberapa orang idiot meminta negara-negara anggota Uni Eropa untuk memutus kerja sama ekonominya dengan Rusia padahal upaya paling masuk akal pada situasi penuh tantangan seperti sekarang ini adalah mempertahankan aliansi dagang dan hubungan kemanusiaan," katanya pada Jumat (18/3/2022) dalam wawancara dengan Tass.

Dia menambahkan,"Hubungan dagang Rusia dan negara-negara anggota Uni Eropa pada tahun 2021 mengalami peningkatan 47 persen dibandingkan tahun 2020 dan secara keseluruhan mencapai angka 282 miliar euro."

Operasi militer yang dilancarkan Rusia di Ukraina menyebabkan negara-negara anggota Uni Eropa menjatuhkan sanksi luas terhadap Moskow.

Majalah Newsweek beberapa hari lalu menyebutkan bahwa embargo terhadap Rusia justru akan meningkatkan harga energi di negara-negara Barat dan menguntungkan Rusia.

"Rusia adalah produsen energi sementara Barat konsumen. Ketika harga naik, Barat harus mengeluarkan dana lebih besar untuk mendapatkan minyak. Sementara Rusia bisa menerima uang dengan harga yang lebih tinggi," tulis Newsweek. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT