ADVERTISEMENT

Terkait Elektabilitas Partai, Gerindra Masih Terpuruk di Jatim dan Lampung

Kamis, 17 Maret 2022 08:00 WIB

Share
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (foto/ist)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (foto/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -- Elektabilitas partai Gerindra mengungguli PDI Perjuangan untuk wilayah pemilihan Jawa Barat. Hal tersebut dibeberkan dari hasil survei Charta Politika Indonesia di Jakarta, Rabu, (16/3/2022).
 
Dari hasil survei tersebut, elektabilitas Gerindra unggul di posisi teratas dengan perolehan 21,3 persen, sementara PDI Perjuangan di urutan kedua dengan 18,2 persen.
 
Partai lain yang masuk daftar lima besar menurut hasil survei Charta Politika di Jawa Barat, yaitu PKS 9,1 persen, Golkar 9 persen, dan PKB 6,2 persen. Tidak hanya itu, sosok Prabowo Subianto sebagai ketua Umum Partai Gerindra juga mempunyai elektabilitas yang cukup tinggi di wilayah Jabar.
 
"Di Jawa Barat, tidak hanya Gerindra yang punya elektabilitas tertinggi, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga berada di posisi puncak,"jelas Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya.
 
Elektabilitas Prabowo di Jabar mencapai 24 persen, diikuti oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (20,9 persen), Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan (18 persen), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (12 persen), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno (3,4 persen).

Dalam lembar kesimpulannya, Charta Politika menilai Gerindra dan Prabowo unggul di Jawa Barat karena daerah itu merupakan lumbung suara Prabowo pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019. Selain di Jabar, Charta Politika juga melakukan survei untuk wilayah Jaw Timur serta Lampung. 
 

Posisi puncak di Jawa Timur untuk elektabilitas partai politik tertinggi diisi oleh PDI Perjuangan yang memperoleh angka 28,5 persen, diikuti oleh PKB 25 persen, Gerindra 9,8 persen, Golkar 5 persen, dan Partai Demokrat 3,4 persen.

PDI Perjuangan juga unggul di Lampung dengan elektabilitas mencapai 29,8 persen, sementara Gerindra ada di posisi kedua dengan perolehan 16,6 persen, Golkar 10,3 persen, Demokrat 4,5 persen, dan PKS 4,5 persen.

Di Jawa Timur dan Lampung, elektabilitas Prabowo juga kalah dari Ganjar. Gubernur Jawa Tengah itu di posisi teratas dengan elektabilitas tertinggi di dua provinsi tersebut.

Elektabilitas Ganjar di Jawa Timur mencapai 24,9 persen, sementara Prabowo 16,4 persen, Anies 15,1 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 13,1 persen, dan Ketua DPR RI Puan Maharani 4 persen.

Elektabilitas Ganjar di Lampung mencapai 27,1 persen, sementara Prabowo tertinggal di posisi kedua dengan perolehan 26,8 persen, kemudian diikuti oleh Anies Baswedan (19,1 persen), Sandiaga S. Uno (6,6 persen), dan Ridwan Kamil (2,5 persen). (CR04).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT