ADVERTISEMENT

Carmelo Ezpeleta, Sosok Bos Dorna MotoGP Paling Terkenal, 

Rabu, 16 Maret 2022 16:25 WIB

Share
Carmelo Ezpeleta, Bos Dorna MotoGP Paling Terkenal
Carmelo Ezpeleta, Bos Dorna MotoGP Paling Terkenal

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID 

Bagi pecinta MotoGP, pasti sudah tidak asing dengan nama Carmelo Ezpeleta. Bos Dorna ini sudah lama memimpin ajang balap motor bergengsi di dunia sejak 1994. Itu artinya, ia menjabat sebelum Valentino Rossi hadir di MotoGP hingga The Doctor, julukan Rossi, pensiun di akhir 2021.

Dilansir dari situs resmi Dorna, www.Dorna.com, Carmelo Ezpeleta lahir di Barcelona, 1946. Dahulu ia merupakan pemain Jai Alai, olahraga bola yang berasal dari Basque dan berhasil meraih lima kali juara Jai Alai Bersama tim Katalan.

Ezpeleta sempat menjadi pengawas pembangunan dan promosi Sirkuit Calafat, Spanyol, pada 1970-an. Kemudian ia menjadi direktur fasilitas dari 1974-1978. Selanjutnya ia pindah ke Madrid dan menjadi direktur Sirkuit Jarama serta manajer semua aktivitas olahraga untuk Real Automobile Club of Spain (RACE)..

Selain menjadi direktur sirkuit, saat itu Ezpeleta juga memiliki tanggung jawab dalam manajemen tim Ford-Race yang dikemudikan oleh Carlos Sainz pada kejuaraan reli dunia tahun 1987 dan 1988.

Setelah 10 tahun menjadi direktur Sirkuit Jarama, Ezpeleta kembali ke Barcelona dan menjadi direktur eksekutif dari konsorium yang mengelola pembangunan Circuit de Barcelona-Catalunya dan Direktur Olahraga Reial Automobil Club de Catalunya (RACC).

Kemudian pada 1991, Ezpeleta bergabung dengan Dorna yang baru saja memperoleh hak siar televisi dari World Championship. Saat itu ia menjabat sebagai Direktur Departemen Motorsport. Kemudian pada 1994, jabatannya naik menjadi CEO Dorna dan pada 1998 menjadi Managing Director serta pemegang saham perusahaan.

Itulah seputar fakta mengenai Carmelo Ezpeleta. Di tangan Ezpeleta, MotoGP berhasil menjadi kejuaraan balap motor paling terkenal dan prestisius di dunia. Nama-nama seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Marc Marquez adalah beberapa pebalap fenomenal yang hadir dan menjadi legenda selama Ezpeleta menjabat.. (Muhammad Yazid/PKL)

ADVERTISEMENT

Reporter: Tatang Suherman
Editor: Tatang Suherman
Contributor: Muhammad Yazid
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT