ADVERTISEMENT

8 Cara Simpel Hemat Air agar Tagihannya Tak Membengkak, Yuk Dicoba!

Rabu, 16 Maret 2022 18:02 WIB

Share
Ilustrasi, aktivitas warga menggunakan air. (foto: dok. poskota)
Ilustrasi, aktivitas warga menggunakan air. (foto: dok. poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Pernahkah Anda mengalami masalah tagihan PDAM  atau air tiba-tiba melonjak dibanding biasanya? Jika pernah, Anda tentu merasa kesal sekaligus bertanya-tanya hal apa yang menyebabkan tagihan bulanan tersebut membengkak secara tiba-tiba.

Pada dasarnya, tagihan PDAM yang membengkak selalu terjadi karena ada penyebabnya. Nah, tugas Anda adalah mencari tahu sumber pemicu tagihan air tersebut menjadi lebih mahal dan mengatasinya dengan segera. Selain itu, pastikan untuk mengaplikasikan sejumlah cara dan rutinitas yang mampu menghemat penggunaan air di rumah.

Untuk lebih jelasnya, simak 8 cara simpel menghemat penggunaan air di rumah berikut ini agar tagihannya tak membengkak dan mudah dikontrol.

1. Ganti Bak Mandi dengan Ember Ukuran Sedang

Kebanyakan masyarakat Indonesia masih menggunakan bak mandi untuk menampung air ketimbang langsung menggunakan shower. Tentunya, sebelum digunakan untuk mandi, bak tersebut akan diisi terlebih dahulu dengan air hingga nyaris penuh.

Akan tetapi, hal ini rentan membuat orang lupa untuk mematikan keran sampai akhirnya air banyak yang terbuang. Kesalahan yang terlihat sepele ini ternyata mampu membuat tagihan air menjadi lebih mahal. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, Anda bisa mengganti bak mandi dengan ember berukuran sedang saja yang cukup digunakan untuk sekadar mandi maupun keperluan MCK. 

2. Jangan Asal Buang Air Bekas Cucian

Dirasa sudah tidak diperlukan, hampir semua orang pasti langsung membuang air bekas cucian, entah itu, cucian piring, beras, memasak, dan sebagainya. Padahal, air sisa buangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya agar lebih hemat. Misalnya, air sisa cucian baju atau piring bisa ditampung untuk menyiram toilet.

Menggunakan air bekas mencuci beras juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman agar tak terbuang percuma. Dengan membiasakan diri menggunakan ulang air sisa cucian tersebut untuk hal lain, penggunaan air Anda tentu akan menjadi jauh lebih hemat, bukan?

3. Lebih Efektif Gunakan Keran Air

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT