Menteri Taiwan: Perang dengan Tiongkok Adalah Bencana Bagi Semua, Apapun Hasilnya

Jumat, 11 Maret 2022 18:30 WIB

Share
Konflik Tiongkok dengan Taiwan. (Ilustrasi)
Konflik Tiongkok dengan Taiwan. (Ilustrasi)

TAIWAN, POSKOTA.CO.ID - Menteri Pertahanan Taiwan menyebutkan konflik dengan Tiongkok yang mengancam untuk menyerang Taiwan akan menjadi bencana bagi semua pihak terlepas dari hasilnya.

Keterangan ini dia sampaikan pada Kamis (10/3/2022).

Tiongkok dianggap banyak pihak mendukung Rusia menyangkut invasinya ke Ukraina.

Sikap itu memicu kekhawatiran mengenai kemungkinan terjadinya peristiwa serupa mengingat pendekatan Beijing ke Taiwan.

Taiwan adalah pulau demokrasi yang memiliki pemerintahan sendiri. Tetapi  diklaimnya sebagai bagian dari wilayah Tiongkok dan akan dianeksasi secara paksa jika perlu.

“Tidak ada yang menginginkan perang," kata Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng kepada wartawan. “Ini harus benar-benar dipikirkan dengan matang.”

“Jika Anda benar-benar berperang, itu akan menjadi bencana bagi semua pihak,” kata Chiu Kuo-cheng.

Dia menyebutkan Kementerian Pertahanan Taiwan “memantau dan mendengarkan tetapi kami tutup mulut. Kami mengikuti perkembangan dan mempersiapkan diri tetapi kami tidak berdiskusi atau berdebat secara terbuka.”

Pada pertemuan tahunan legislatif Tiongkok, Kongres Rakyat Nasional (NPC) dan badan penasehatnya pekan ini di Beijing, para delegasi menyalahkan pengaruh asing terkait separatisme di Taiwan.

Juru Bicara Delegasi Tentara Pembebasan Rakyat pada Rabu, di NPC mengatakan,“Kegiatan separatis dan kolusi dengan kekuatan eksternal adalah akar penyebab ketegangan dan gangguan saat ini di Selat Taiwan.''

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar