ADVERTISEMENT

Ibas Dorong Pengembangan Pariwisata Pacitan

Jumat, 11 Maret 2022 22:53 WIB

Share
Legislator Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas saat mengunjungi salah satu kuliner di kawasan Kali Klepu, Pacitan. (Foto: Dok. Fraksi Demokrat).
Legislator Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas saat mengunjungi salah satu kuliner di kawasan Kali Klepu, Pacitan. (Foto: Dok. Fraksi Demokrat).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Legislator Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, mendorong masyarakat lokal untuk mengembangkan pariwisata di Kali Klepu, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.  Dia mengajak para pegiat sosial media dan Kethuk-Kenang Pacitan untuk mempromosikan wisata di kota asalnya itu.

“Terima kasih untuk teman-teman pegiat sosial media yang masih terus berkarya mempromosikan wisata Pacitan. Sekarang di Pacitan juga statusnya sudah membaik level PPKM-nya, semoga wisata Pacitan bangkit, wismas dan wisnus mau berkunjung ke Pacitan lagi,” kata Ibas, dikutip dari siaran pers Partai Demokrat, Jumat (11/3/2022).

Edhie Baskoro mengungkapkan betapa bangganya dengan masyarakat Pacitan yang peduli akan budaya dan wisata. Di tengah situasi pandemi, mereka tetap semangat melahirkan karya dan mempromosikan pariwisata. 

“Saya senang sekali teman-teman masih aktif menjadi content creator, nguri-uri budaya, peduli pada kemajuan pariwisata. Pacitan punya banyak hal unik dan khas yang dapat terus kita eksplor secara masif positif. Ingat ya, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan dan memajukannya?,” kata Ibas.  

Dalam mempromosikan sektor pariwisata, kata Ibas, salah satu yang terpenting adalah membangun cerita atau narasi, inovasi dan kreasinya. Para pegiat wisata harus mampu mengeksplor ada cerita apa saja di balik sebuah tempat.

"Seperti tadi di Sungai Maron ada batu-batu besar yang ternyata menyimpan sejarah. Cerita-cerita ini kita rangkai menjadi caption dan hastag di sosial media dengan rapi, agar wisatawan tertarik dan penasaran, seperti ‘tour guide’ pemandu bakat di luar negeri kalau menjelaskan kepada para pengunjungnya," jelasnya.

Di Kali Klepu, Ibas disuguhi oleh pemandangan sungai bebatuan dengan suasana tradisional, baik bangunan, makanan minuman, sampai musik khas jawa. Ia juga disambut meriah oleh masyarakat yang kebetulan tengah berwisata. Edhie Baskoro yang juga sebagai anggota DPR RI dapil Jatim VII ini terlihat tak pernah sepi diajak ‘selfie dan groufie’ diberbagai spot menarik. 

“Kali Klepu ini sungguh wisata yang menarik Nggih? Bayangkan, jaman dulu kita melihat ada kali (sungai) itu tidak baik untuk dikembangkan, bahkan, terkesan kotor dan tidak asri. Tapi saat ini berkat tangan-tangan desa dan masyarakat sekitar ikut mengembangkan wisata desa secata swadaya, yang akhirnya menjadi pemasukan melalui BumDesnya. Ini benar-benar keren, ‘outside the box’ tentu salah satu bentuk ikhtiar kita untuk menambah pemasukan keuangan kabupaten yang terbatas karena selama ini tersedot untuk penanganan Pandemi,” ungkap Ibas.

Ibas berpesan kepada seluruh masyarakat untuk berperan aktif menjaga lingkungan. Dia mengatakan adanya alam merupakan kodrat keindahan alami yang tidak bisa diubah, tapi manusia bisa berkontribusi terus menjaga kebersihan dan kelestariannya.

"Jika terus dirawat, tempat wisata di Kabupaten Pacitan ini tidak akan kalah dengan wisata di kabupaten kota lainnya. “Setuju, Gaiiss ? Dolan dolan nang Pacitan," katanya.(*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT